Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Ulat Sutra Berkualitas Berbasis Web Menggunakan Metode Ahp Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kota Sengkang

Main Article Content

Fatmasari Fatmasari Erni Marlina Joseph Tumiwa

Abstract

Sistem pendukung keputusan memiliki beberapa metode diantaranya metode AHP (Analityc Hierarchy Process). Metode ini telah banyak digunakan pada setiap kasus pemilihan untuk memilih alternative dari beberapa pilihan. Selain itu metode AHP memiliki beberapa kelebihan yakni Struktur yang berhierarki sebagai konsekuensi dari kriteria yang dipilih sampai pada sub-sub kriteria yang paling dalam, memperhitungkan validitas sampai batas toleransi inkonsentrasi sebagai kriteria dan alternatif yang dipilih oleh para pengambil keputusan, serta memperhitungkan daya tahan atau ketahanan output analisis sensitivitas pengambilan keputusan.
Pemilihan bibit yang selama ini dilakukan peternak ulat sutra masih menggunakan cara manual yakni berdasarkan sampel atau contoh bibit yang dibudidayakan pada masa lalu sehingga hal ini menimbulkan permasalahan seperti kualitas bibit kurang baik, ketahanan bibit terhadap penyakit kurang, serta tingkat pertumbuhan bibit yang rendah sebab iklim atau cuaca, lahan atau lokasi budidaya berbeda sehingga pemilihan bibit harus memperhatikan berbagai faktor.
Salah hal yang menjadi solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode ahp pada proses pemilihan bibit ulat sutra sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mengetahui informasi mengenai bibit ulat sutra yang berkualitas secara akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles