Implementasi Restful Api Portal Akademik Stmik Dipanegara Berbasis Android

Main Article Content

Hasyrif Sy Indo Intan

Abstract

Stmik Dipanegara merupakan salah satu kampus komputer yang berada di kota Makassar, hingga saat ini jumlah mahasiswa yang aktif kuliah sekitar 8000 orang. Kampus merupakan kumpulan komunitas manusia yang didalamnya melakukan aktifitas akademik, dan aktifitas itu cukup kompleks. Diantaranya adalah pendataan mahasiswa, status pembayaran, status nilai, status kehadiran dll.Untuk mengatasi kondisit tersebut kampus telah memilika sistem informasi berbasis web. Masalah yang dihadapi saat ini adalah bahwa kita tahu saat ini hampir setiap mahasiswa telah memiliki ponsel berbasis android, ini merupakan sebuah media yang dapat dimanfaatkan dan semakin memperbesar peluang sampainya informasi kepada mahasiswa namun disisi lain website kampus saat ini hanya bisa diakses melalui browser sedangkan aplikasi android memiliki mekanisme berbeda dalam mengakses informasi. Untuk menjembatani masalah ini maka akan dibuat sebuah aplikasi yang mengikuti konsep RESTful API, pada metode ini akan dibuat sebuah aplikasi yang akan menampilkan data akademik dalam format JSON. JSON merupakan salah satu format data yang bisa di olah oleh semua teknologi akses data yang ada pada perangkat komunikasi. Struktur data ini sudah distandarisasi sehingga semua perangkat bisa mengakses data berupa json ini untuk diolah sesuai dengan kepentingannya masing masing. Dengan penerapan konsep tersebut diharapkan informasi akademik kampus bisa sampai dengan lebih cepat dan lebih mudah karena informasi dapat diakses melalui perangkat ponsel yang notabene telah dimiliki oleh hampir semua mahasiswa.

Article Details

How to Cite
SY, Hasyrif; INTAN, Indo. Implementasi Restful Api Portal Akademik Stmik Dipanegara Berbasis Android. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/63-70>. Date accessed: 18 feb. 2020.
Section
Articles

References

[1] https://dipanegara.ac.id/index.php/tentang diakses pada tanggal (12 Juli 2019).
[2] Richardond Leonard, Sam Ruby, 2011, “RESTful Web Services”, O'Reilly Media, Gravenstein Highway North Sebastop.
[3] Muhamad Aminudin Rahman, Imam Kuswardayan, dan Ridho Rahman Hariadi, 2013, “Perancangan dan Implementasi RESTful Web Service untuk Game Sosial Food Merchant Saga pada Perangkat Android” Jurnal teknik Pomits, vol. 2, no. 1
[4] Mark Masse, 2012, “REST API Design RuleBook”, O'Reilly Media, Gravenstein Highway North Sebastopol.