Implementasi Teknik Data Mining Dengan Metode Interpolasi Untuk Memprediksi Minat Konsumen Terhadap Kendaraan Merek Toyota

Main Article Content

Muhardi - Thabrani R - Faizal -

Abstract

Implementasi Teknik Data Mining Dengan Metode Interpolasi Untuk Memprediksi Minat Konsumen Terhadap Kendaraan Toyota Pada Kalla Toyota ini bertujuan untuk : (1) Merancang perangkat lunak data mining menggunakan metode interpolasi untuk memprediksi minat konsumen mobil terhadap merk Toyota dengan bantuan bahasa pemrograman Visual Basic; (2) Melakukan pengujian aplikasi yang telah dirancang menggunakan pengujian white box testing untuk memastikan aplikasi sudah sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini dilaksanakan pada Kalla Toyota Cabang Urip Makassar, alamat Jl. Urip Sumohardjo Makassar. Kalla Toyota adalah perusahaan yang bergerak dibidang otomotif yang kegiatan utamanya menjual mobil Merk Toyota seperti Toyota Kijang Inova, Avanza, Yariz dan lain-lain. Perkembangan penjualan mobil Toyota menunjukkan dari tahun ketahun mengalami penurunan. Faktor yang menyebabkan turunnya penjualan karena ketatnya persaingan dengan banyaknya perusahaan otomotif yang menawarkan berbagai jenis merek yang dijual oleh perusahaan pesaing. Teknik pengumpulan pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Hasil dari perancangan perangkat lunak ini dapat digunakan Kalla Toyota untuk melakukan prediksi minat konsumen terhadap penjualan merk mobil Toyota sehingga dapat menyediakan tipe mobil sesuai dengan tingkat minat konsumen.

Article Details

How to Cite
-, Muhardi; -, Thabrani R; -, Faizal. Implementasi Teknik Data Mining Dengan Metode Interpolasi Untuk Memprediksi Minat Konsumen Terhadap Kendaraan Merek Toyota. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/185-194>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles

References

[1] Kusrini, 2011, Algoritma Data Mining, Andi, Yogyakarta
[2] Sutrisno, dkk. 2013, Penerapan Data Mining pada Penjualan Menggunakan Metode Clustering Study Kasus PT. Indomarco Palembang, Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komputer, Vol.x No.x, 4 November 2013.
[3] Fatah Yasin Al Irsyadi, 2014, Implementasi Data Warehouse dan Data Mining untuk Penetuan Rencana Strategis Penjualan Batik (Study Kasus Batik Mahkota Laweyan), KomuniTi, Vol. VI No. 1, Maret 2014.
[4] Jumiran, 2013. Model Pengambilan Keputusan Penentuan Harga Produk Furniture (Studi Kasus: PT. Trifoli Kayakarya). Jurnal IPSIKOM Vol.2 No.1 Juni 2013 ISSN: 2338-4093.
[5] Moleong L. J., 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
[6] Pressman R. S., 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarat: Andi Offset.
[7] Yusuf, Dkk., 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Dengan Metode Promethee Berbasis Web Skripsi Sarjana Sistem Informasi. Universitas Sumatera Utara. Medan.
[8] Turban. dkk., 20012, Decision Support System and Intelligent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta. Andi.
[9] Umar Husein, 2011, Manajemen Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pusaka, Jakarta
[10] Rinaldi Munir, 2010, Metode Numerik Revisi Ketiga, Informatika, Bandung.