Aplikasi Database Terdistribusi Pada KSP Sinar Kasih Batam

Main Article Content

Suryani - Abdul Rauf Faizal -

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, menjadi suatu keharusan bagi perusahaan untuk terus berbenah menghadapi tantangan di era digital dan big data. Munculnya persaingan bisnis dalam kaitannya dengan penawaran jasa simpan pinjam, khususnya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki cabang usaha yang tersebar di berbagai wilayah seperti KSP Sinar Kasih Batam. Setiap kantor cabangnya mempunyai aplikasi yang berdiri sendiri tanpa saling terkoneksi dengan pusat maupun antar cabang. Dengan aplikasi yang berdiri sendiri tersebut membuat kantor pusat kesulitan dalam memonitor data setiap cabang. Sehingga perlu melakukan sinkronisasi database dari semua cabang. Perancangan aplikasi database terdistribusi diharapkan menjadi solusi, dimana masing-masing kantor cabang memiliki database lokal sendiri kemudian dilakukan replikasi ke database pusat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi database terdistribusi agar sinkronisasi dan monitoring dapat dilakukan. Pengujian prototype yang digunakan adalah pengujian black-box.

Article Details

How to Cite
-, Suryani; RAUF, Abdul; -, Faizal. Aplikasi Database Terdistribusi Pada KSP Sinar Kasih Batam. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/12-16>. Date accessed: 18 feb. 2020.
Section
Articles

References

[1] Adinandra Dharmasurya, Teguh Wahyono, Ramos Somya., 2013, “Pengembangan Sistem Terdistribusi Untuk Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dengan Integrasi Teknologi RMI Dan Web Service”, Jurnal Teknologi informasi-Aiti, Vol.10. No.1, February 2013:1-100.
[2] Ikhsan Rochmadi., 2011, “Analisis Dampak Perdagangan Bebas dan Global pada Bergesernya Nilai Budaya, Prinsip dan Tujuan Koperasi”, Jurnal Ekonomika, Vol. 4 No. 2 Desember 2011: 45–51.
[3] Adi Nugroho, 2011, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Basis Data”, Andi, Yogyakarta.
[4] Rudi Tantra, 2012 “Manajemen Proyek Sistem Informasi”, Andi, Yogyakarta.
[5] Yakub, 2012, “Pengantar Sistem Informasi”, Graha Ilmu, Yogyakarta.