NOTIFIKASI SERVIS BERKALA KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS SMS GATEWAY (Studi Kasus : Dealer Resmi Honda)

Main Article Content

Rismayani - - hasyrif - Sy

Abstract

Keberadaan bengkel resmi khususnya kendaraan sepeda motor, tentunya merupakan suatu hal penting yang dibutuhkan oleh konsumen sebagai layanan dari produsen. Salah satu contohnya adalah AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang menyediakan layanan servis berkala disetiap jaringan bengkel resmi Honda. Adapun permasalahan pada penilitian ini adalah bagaimana seorang pelanggan dapat mengetahui kapan jatuh tempo waktu servis berkala. Metode atau teknologi yang digunakan adalah Short Message Service (SMS) gateway. Short Message Service (SMS) gateway adalah sebuah perangkat yang menawarkan layanan transit SMS, mentransformasikan pesan ke jaringan selular dari media lain, atau sebaliknya, sehingga memungkinkan pengiriman atau penerimaan pesan SMS dengan atau tanpa menggunakan ponsel. Dengan adanya sistem notifikasi servis berkala ini maka para pelanggan dari bengkel AHASS dapat menerima pemberitahuan mengenai servis berkala dari kendaraan pada perangkat mobile masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Ludiyanto, Wawan. 2010. Notifikasi Layanan Pengiriman Email Masuk Berbasis Sms Gateway. Tugas Akhir Strata Satu. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Surabaya.
[2] Alfa, Pamelia. 2007. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Penjadwalan Perkuliahan Elektronik Berbasis Web Dengan Sms Gateway. Tugas Akhir Strata Satu. Universitas Indonesia. Depok..
[3] Fikry, Tampi. 2011. Konsep dan Perancangan DATABASE. Andi Offset. Yogyakarta.
[4] Jogiyanto. H. M, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur teori dan Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.
[5] Aswandi.(2009), SMS Gateway di Windows. Diakses Juni 2015, dari http://aswandi.or.id/2006/09/28/sms-gateway-di-windows
[6] Prasetyo. Adi, 2009, Buku Pintar Pemrograman WEB, Andi, Yogyakarta.
[7] Kadir. Abdul, 2008, Pemrograman WEB Dinamis Menggunakan PHP (Revisi), Andi, Yogyakarta.
[8] Simarmata. Janner, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak, Andi, Yogyakarta.