Penggunaan Algoritma FP-Growth Untuk Mengetahui Nutrisi Yang Tepat Pada Tanaman Padi

Main Article Content

Arwansyah - asrul Syam John S. Arie

Abstract

Tanaman padi merupakan salah satu tumbuhan yang memerlukan nutrisi yang baik setiap musim tanam agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga memberikan hasil produksi yang tinggi. Nutrisi dapat dihasilkan secara alami yang bersumber dari unsure hara yang terdapat di dalam tanah. Selain itu, nutrisi lain dapat juga di hasilkan dari penggunaan pupuk buatan. Namun ada beberapa  kendala yang dihadapi oleh petani yakni pemberian jumlah atau kadar yang tidak tepat serta kombinasi dari nutirisi yang diberikan tidak sesuai. Hal ini akan menjadi salah factor dari tingkat perkembangan dan hasil produksi yang akan dihasilkan setelah panen. Penelitian ini menerapkan algoritma FP-Growth untuk mengetahui jenis nutirsi yang sebaiknya diberikan pada tanaman padi sehingga dapat menunjang perkembangan dan hasil produksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma FP-Growth dapat menghasilkan informasi mengenai jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk tanaman padi.

Article Details

How to Cite
-, Arwansyah; SYAM, asrul; ARIE, John S.. Penggunaan Algoritma FP-Growth Untuk Mengetahui Nutrisi Yang Tepat Pada Tanaman Padi. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1%20-11>. Date accessed: 13 aug. 2020.
Section
Articles

References

[1] Kusrini, & Emha Taufik Luthfi. (2009). Algoritma Data mining. Yogyakarta: Andi.
[2] Fayyad, Usama. 1996. Advances in Knowledge Discovery and Data Mining. MIT Press.
[3] Agusta, Y. 2007. K-means - Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika Vol. 3 (Februari 2007): 47-60.

[4] Wieta B. Komalasari.2007. Metode Pohon Regresi Untuk Eksploratori Data Dengan Peubah Yang Banyak Dan Kompleks. Jurnal Informatika Pertanian Vol 16 No.1, Juli 2007
[5] Azis, Anifuddin, Sunarminto, Hendro., Medhanita, Dewi Renanti (2006). Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Budidaya Tanaman Pangan Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan
[6] Witten, I. H., Frank, E., Hall, M. A. 2011. Data Mining Practical Machine Learning Tools and Techniques (3rd ed). USA: Elsevier
[7] Sevani,Nina.,Marimin. Sukoco,Heru 2009, “Sistem Pakar Penentuan Kesesuaian Lahan Berdasarkan Faktor Penghambat Terbesar ( Maximun Limitian Factor) Untuk Tanaman Pangan”, Jurnal Informatika Vol.10 No 1.
[8] Simanungkalit RDM, et.al. 2006. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Jawa Barat. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.