PERANCANGAN PARABOLA BERGERAK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA8535

Main Article Content

Matalangi Matalangi Guntur Guntur

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang pengendalian parabola bergerak menggunakan Mikrokontroler, Aktuator sebagai penggerak untuk menggerakan parabola kearah timur dan kebarat dan switch sebagai titik tempu pada parabola sehingga dapat berbalik arah timur dan barat, program merumuskan untuk dapat menggerakkan parabola kearah barat dan timur hingga mendapatkan sinyal dan mencapai kemiringan dari 70 derajat ke barat hingga 120 derajat kearah timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimetaal yaitu dengan melakukan perancangan, pembuatan dan pengujian model sistem.
Hasil dari penelitian ini adalah perancangan dan pembuatan Pengendali Parabola Bergerak yang digunakan untuk mengarakan parabola kearah satelit yang diinginkan. Pengendaliaan parabola bergerak bekerja berdasarkan input yang diberikan sehingga mendapat titik focus dari satelit melalui lintasan katulistiwa. Pengendalian parabola bergeraka ini terbuat dari bahan aluminium berbentuk lingkaran. Dengan ukuran Linkaran 170cm dan tinggi 150cm. Desain Pengendalian Parabola Bergerak ini terdiri dari 4 komponen utama, dimana komponen pertama sebagai Tiang penopang payung, komponen kedua digunakan sebagai penerima sinyal, komponen ketiga sebagai penerima yang menerima sinyal dari LNB, komponen yang keempat digunakan sebagai pengontrol dari parabola yang menggerakkan Payung parabola ke titik focus satelit yang di kendalikan dan control oleh mikrokontroler

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Agus Mulyana, Andriyana Subhan, “Rancang Bangun Sistem Kendali Posisi, Kesetimbangan Dan Navigasi Untuk Prototipe Nano Satelit”, Jurnal Sistem Komputer Unikom – Komputika, 2012.
2] Sri Hartati, “Sistem Penalaran Sebagai Alat Pembelajaran Gerak Parabola”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi Yogyakarta, 2007.
[3] Silvia Ramadhina, Dr. Ary Syahriar, Sofian Hamid,S.T,M.Sc, “Komunikasi Satelit Untuk Meningkatkan Jaringan Informasi Di Daerah Tertinggal,2013.
[4] Dwi Ananto Widjojo. “Pemancar Televisi dan Peralatan Radio”, Bandung : Penerbit Alfabeta, CV, 2013
[5] Widodo Budiharto, “Robotika Teori Implemensi”, Yogyakarta : Penerbit ANDI, 2010.
[6] Heryanto, M.Ary. “Pemprograman Bahasa C untuk Mikrokontroler ATmega8535”, Yogyakarta : Penerbit ANDI, 2008