Sistem Pakar Otomatisasi Baku Mutu Limbah Pertambangan Nikel Menggunakan Algoritma Supervised Mechine

Main Article Content

Komang Aryasa Wilem Musu

Abstract

Metode buka tutup pintu pembuangan limbah secara manual  berdasarkan hasil uji laboratorium  membutuhkan waktu yang relatif lama. Karena untuk menutup kembali pintu pembuangan limbah harus menunggu hasil uji labaroatorium, sementara limbah terus mengalir. Bisa jadi ketika hasil uji laboratorium menyatakan proses pembuangan harus dihentikan, limbah yang tidak memenuhi standar kelayakan sudah ikut terbuang. Hasil uji kelayakan buang menjadi tidak valid karena terdapat rentang waktu dari pengambilan sampel limbah yang akan diuji sampai dengan keputusan penghentian pembuangan limbah. Penelitian ini bertujuan membuat alat detektor atau sensor kandungan unsur logam dalam air limbah pertambangan nikel sehingga pengukuran secara real-time (real-time measurement) dapat diimplementasikan ketika detektor/sensor logam dihubungkan dengan aplikasi analisis kelayakan buang limbah pertambangan nikel. Aplikasi bekerja setelah menerima data dalam bentuk nilai-nilai kandungan unsur yang dikirim oleh detektor/sensor yang mendeteksi kadar kandungan unsur dalam air limbah. Data tersebut kemudaian di analisis menggunakan algoritma supervised mechine  untuk menentukan kelayakan pembuangan limbah. Hasil penelitian sistem pakar yang dirancang dapat menentukan standar baku mutu kelayakan buang limbah secara terotomatisasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Nugeraha, Sri Sumiyati, Ganjar Samudro, 2010, “Pengolahan Air Limbah Kegiatan Penambangan Batubara Menggunakan Biokoagulan : Studi Penurunan Kadar Tss, Total Fe Dan Total Mn Menggunakan Biji Kelor”. Jurnal Presipitasi, Vol.7 No.2. Halaman 57-61.
[2] Giyatmi, Zaenul Kamal, Damajati Melati, 2008, Penurunan Kadar Cu,Cr Dan Ag Dalam Limbah Cair Industri Perak Di Kotagede Setelah Diadsorpsi Dengan Tanah Liat Dari Daerah Godean, Prosiding Seminar Nasional IV SDM Teknologi Nuklir, Yogyakarta, 25-26 Agustus.
[3] Saefudin, Trisna. P, Kusnadi, 2010, Pengaruh pH dan Waktu Kontak terhadap Biosorpsi Logam Zn oleh Biomassa Aspergillus Niger Van Tieghem pada Larutan Limbah Pertambangan Nikel, http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/196307011988031-SAEFUDIN/Zn_Biosorpsi.pdf, Diakses Tanggal 10 Nopember 2015.
[4] Kusrini, 2008, Aplikasi Sistem Pakar, Ed. 1, Andi Offset, Yogyakarta.
[5] Santosa Budi, 2010, Tutorial Support Vector Machine, http://dokumen.tips/documents/tutorial-svm.html, Tanggal Akses 27 Desember 2015.
[6] Pressman, Roger S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku 1), Ed. 1, Andi Offset, Yogyakarta