Implementasi Sistem Monitoring Penggunaan Listrik dan Air PDAM Berbasis Embedded System

Main Article Content

Guntur Guntur

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang system monitoring penggunaan listrik dan air PDAM berbasis embedded system pada rumah kos, dan merealisasikan system monitoring penggunaan listrik dan air PDAM berbasis embedded system pada rumah kos. Penelitian dirancang menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan adanya system monitoring penggunaan listrik dan air PDAM berbasis embedded system pada rumah kos dapat memberikan solusi bagi pemilik rumah kos dalam hal memonitor dan mengontrol penggunaan listrik dan air PDAM pada rumah kos mereka. Pemakain listrik dan air PDAM dapat secara akurat diketahui berdasarkan tanggal dan waktu pemakainnya. Dengan adanya system monitoring penggunaan listrik dan air PDAM berbasis embedded system pada rumah kos dapat mngontrol pemakaian listrik dan air PDAM setiap penyewa kamar kos yang akan berdampak pada penghematan energi listrik serta air PDAM. Berdasarkan hasil pengujian sensor tegangan ZMPT-101B, kenaikan tegangan sumber jala-jala listrik berbanding lurus secara linear terhadap kenaikan output sensor dengan persamaan y=0,998x-1,718

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asma Ainuddin dan Nurhidayah. 2012. Prototipe robot pelayan restoran menggunakan sensor garis. STMIK Handayani Makassar: Makassar.
[2] Abd. Wahid dan Hasanuddin. 2012. Rancang Bangun Robot Pengantar Makanan Pada Restoran. http://library.its.ac.id
[3] Ardiyan Rofiq Mulyana,Luthfi Yahya, Rilla Khoirunnisa dan Claricha Audi Tamara. 2013. Ropadas Berbasis Line Follower system. Perpustakaan FMIPA UGM.
[4] Atmel. 2010. Data sheet Mikrokontroller. Yogyakarta : Penerbit Andi
[5] Budihartono, Widodo. 2010. Robotika + Implementasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
[6] Didiktriastianto. 2011. Pengenalan Robotika. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
[7] Jatmika, Yusuf Nur. 2011. Cara Mudah Merakit Robot untuk pemula. Yogyakarta: flash Books.
[8] Lyang Hwang.Chih,Chen Wu.Han,Wen Lu.Nien,Lung Lin.Min, Hao Huang. Chun, Chia Hsu.Ting,Chiao Luo.I,Ju Chou.Hsien. “Realization of humanoid service robotic system”, Advanced robotics and Its Social Impacts IEEE Workshop, ARSO 2008.
[9] Malik,M.I.2009.Aneka Proyek Mikrokontroller. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
[10] Nalwan. Andi 2012. Teknik rancang bangun robot. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
[11] S.T.D. Septian.2008. Build your Own Line Follower Robot. Yogyakarta : Penerbit Andi
[12] Sugiharto,Agus. 2010. Penerapan Dasar Transducer dan Sensor. Yogyakarta : Perpustakaan FMIPA UGM.
[13] Wahudin didin. Andi 2007. Belajar Mudah Mikrokontroler AT89S52 Dengan Bahasa BASIC Menggunakan BASCOM-8051. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
[14] Zacha. 2011. Prototyping Model. Yogyakarta : Perpustakaan FMIPA UGM