Perbandingan Query Response Time pada Model Query View dan Cross Product

Main Article Content

Noviyanti P Agatha Deolika Siti Hartinah Celine Aloyshima Haris Tutik Maryana Nindy Devita Sari

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat dipengaruhi oleh sekumpulan himpunan data yang tidak terstruktur atau biasa disebut dengan big data. Big data menjadi inovasi yang sangat bermanfaat untuk dapat memberikan suatu perkembangan pada berbagai bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Data  yang terlampau banyak tentunya memunculkan suatu masalah bagi pengelola database sehingga dibutuhkan suatu solusi. Salah satu solusi yang dilakukan pada penelitian ini adalah membandingkan respone time model penulisan query. Bidang pendidikan seperti universitas tentunya memiliki berbagai macam data yang berhubungan dengan mahasiswa. Pengujian pada penelitian ini adalah database pengelolaan nilai mahasiswa yang terdiri dari data tabel dosen, data tabel mahasiswa, data tabel mata kuliah, dan data tabel nilai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan respon waktu pada 2 model penulisan query yaitu query view dan query Cross Product dalam tabel non partisi agar dapat menghasilkan rekomendasi model penulisan query dengan respon waktu yang lebih cepat. Setelah melakukan 3 kali pengujian dengan sampel data 100, 500, 1000 yang dilakukan dengan hardware yang sama, penulis dapat menyimpulkan bahwa query view lebih cepat dengan selisih 0,0014 sampai 0,0040 detik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

1. Maryanto, B. (2017). Big Data dan Pemanfaatannya dalam Berbagai Sektor. Media Informatika, Vol. 16 No. 2.
2. Nugroho,B. (2005). Database Relasional dengan MySQL.Yogyakarta : ANDI.
3. Péter Jacsó, F. W. (1999). BUILD YOUR OWN DATABASE. Chicago and London: AMERICAN LIBRARY ASSOCIATON.
4. Kusrini. (2007). Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yokyakarta: Penerbit Andi.
5. Michael Widenius, D. A. (2002). MySQL Reference Manual Documentation from the Source. Helsingfors, Finland: O'REILLY COMMUNITY PRESS.
6. Harwani, B. M. (2019). Foundation Joomla! New York City: Apress.
7. Lubis, J. H. ( 2017 ). ANALISA PERFORMANSI QUERY PADA DATABASE SMELL. Jurnal Mantik Penusa, ISSN:2088-3943.
8. Michael R. Groh, J. C. (2007). Access 2007 Bible. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.
9. Martha, R., Firdaus, Y., & Laksitowening, K. A. (2010). Analisa Perbandingan Respone Time dan Throughput pada XML dan DBMS sebagai Media Penyimpanan Data. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, ISSN : 1907-5022.
10. Fatkhurrochman, Wildan L, A., & Juwari. (2018). Analisis Perbandingan Cartesian Product, Cross Join, Inner Join dan Outer Join dalam Si Akad. TECHNO, Vol. 19, No.1.
11. Sulhan, M., & Anshori, I. (2016). Perbandingan Subset Query pada Multiple Relasi menggunakan Tabel Terpartisi dan Tabel Tidak Terpartisi dengan Metode Cost-Based. SMATIKA Jurnal, Volume 06, No. 2.
12. Suhartati, & Atma, Y. D. (2017). Optimasi Query Sederhana Guna Kecepatan Query pada Database Server. Metik Jurnal, P-ISSN: 2580-1503.