Analisis Faktor Pemilihan Aplikasi Media Sosial Pada Kalangan Remaja Dengan Metode Fuzzy AHP
Main Article Content
Abstract
Pada era sekarang ini hampir semua kalangan masyarakat menggunakan media sosial, terutama pada kalanganremaja. Penggunaan media sosial oleh para remaja memiliki keterbatasan yaitu dampak positif dan dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang membuat para remaja memilih menggunakanaplikasi media sosialyaitu facebook, instagram, twitter, youtube, dan tiktokdenganmenerapkanalgoritma Fuzzy AHP. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil perangkingan factor pemilihan aplikasi media sosial oleh remaja yang diurutkan dari peringkat pertama sampai kelima. Peringkatpertamayaitufitur search dengan nilai preferensi 0,08275, peringkat kedua yaitu fitur nonton video dengannilaipreferensi 0,080466, peringkat ketiga yaitu fitur bookmark dengan nilai preferensi 0,073346, peringkat keempat yaitu fitur direct message dengan nilai preferensi 0,072381, dan peringkat kelima yaitu fitur mute account dengan nilai preferensi 0,071063. Hal ini mengindikasikan bahwa kelima faktor tersebut yang paling memengaruhi para remaja dalam memilih aplikasi media sosial. Dalam penggunaan media sosial oleh remaja, terdapat keterbatasan yaitu dampak positif dan negative dari media sosial. Dari 769 respondenremaja, sebanyak 422 orang (54,9%) setuju bahwa mereka murid yang berprestasi di sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika media sosial digunakan dengan baik dan benar maka dampak yang diterimapositif, begitupun sebaliknya
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles