Peningkatan Pemahaman Guru Mengenai Penggunaan Sosial Media Sebagai Proses Pendukung Pembelajaran Pada SMAN 14 Makassar

Main Article Content

Rismayani Rismayani Hasyrif SY Novita Sambo Layuk

Abstract

SMAN 14 Makassar adalah salah satu sekolah menengah atas negeri yang ada di kota Makassar, alamat SMAN 14 Makassar di Jl. Bajiminasa No.9 Makassar. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman guru di SMAN 14 Makassar mengenai penggunaan sosial media sebagai proses untuk pendukung pembelajaran dengan memberikan pengarahan penggunaan dan manfaat sosial media dalam proses belajar dan mengajar di kelas, sehingga para guru dapat meningkatkan pengetahuan mereka mengenai penggunaan sosial media untuk proses pendukung pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan adalah berupa workshop dan sosialisasi dengan metode ceramah, metode ceramah dilakukan dengan memberikan penjelasan mengenai sosial media sebagai proses pendukung pembelajaran berupa facebook dan whatsapp dengan memperlihatkan dan menjelaskan tampilan gambar, proses install sampai penjelasan manfaat serta dampak penggunaan dari sosial media untuk pendukung pembelajaran. Kemudian metode selanjutnya yaitu demonstrasi dan simulasi proses pembuatan akun di facebook dan whatsapp serta memperlihatkan cara penggunaan sosial media tersebut untuk pendukung proses pembelajaran. Selanjutnya metode yang digunakan adalah pendampingan, peoses pendampingan kepada para guru-guru SMAN 14 Makassar mengenai penggunaan sosial media tersebut berupa facebook dan whatsapp untuk pendukung proses pembelajaran. Adapun hasil dari kegiatan tersebut adalah para guru-guru SMAN 14 Makassar dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai penggunaan sosial media untuk proses pendukung pembelajaran dengan hasil kuesioner yang diberikan telah diisi oleh para guru SMAN 14 Makassar dengan jumlah responden 20 orang dan jumlah soal 10 yang hasilnya 83,5% sangat paham, 12 % paham, 2,5% cukup paham dan 0% tidak paham.  
 
Kata kunci: Sosial Media, Pendukung, Pembelajaran, Guru
 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles