Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada Dany Collection

Main Article Content

Evi Triandini IB Suradarma Indrianto Indrianto

Abstract

Dany Collection merupakan salah satu Industri Rumah Tangga (IRT) yang memiliki usaha pembuatan baju bermotif Bali. Model baju bali yang telah diproduksi sejumlah 25 jenis. Proses produksi yang dilakukan oleh mitra melibatkan masyarakat sekitar, yaitu ibu-ibu rumah tangga. Mitra yang membuat pola dan memotong bahan sesuai pola. Sedangkan para ibu rumah tangga akan datang untuk mengambil bahan yang telah dipotong dan menjahit di rumah masing-masing. Pemasaran produk yang telah dilakukan oleh mitra yaitu melalui pasar tradisional, dibawa oleh tetangga untuk dijual dengan berkeliling desa, serta melalui facebook. Mitra merasa bahwa cara pemasaran yang yang telah dilakukan saat ini perlu ditingkatkan sehingga tidak terjadi penumpukan produk. Berkenaan dengan permasalahan yang dimiliki oleh mitra serta keinginan mitra untuk lebih meningkatkan usahanya, maka kegiatan pengabdian yaitu memanfaatkan ditigal marketing dengan membuatkan media pemasaran online (e-commerce). Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu pengembangan media pemasaran online menggunakan metode waterfall , sedangkan penyampaian pemahaman penggunaan media pemasaran online kepada mitra dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian antara lain, mitra telah menggunakan e-commerce dan pemesanan produk mitra meningkat 10%. Aplikasi e-commerce mitra dapat dikembangkan dengan menambahkan fitur pembayaran secara online untuk mempermudah pengelolaan transaksi.
 
Kata kunci: digital marketing, baju bali, e-commerce

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles