UPAYA PENINGKATAN PROMOSI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA PANGKALPINANG MEMANFAATKAN INNOVATIVE DIGITAL LEARNING

Main Article Content

Seno Hadi Saputro Hengki Hengki Yohanes Setiawan

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan adalah untuk mengembangkan kegiatan bisnis UMKM makanan dan minuman di kota Pangkalpinang dengan penggunaan teknologi digital. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan workshop Innovative Digital Learning selama 8 pertemuan di Laboratorium Komputer Kampus STMIK Atma Luhur. Setiap pertemuan selama 8 jam untuk memberikan keterampilan sederhana dalam mengoperasikan teknologi digital. Pertemuan pertama dilaksanakan workshop pembuatan blog masing-masing UMKM. Pertemuan kedua sampai dengan kelima dilaksanakan workshop pembuatan web masing-masing UMKM.    Sedangkan pertemuan keenam sampai dengan kedelapan dilaksanakan workshop pembuatan marketing online lewat  bukalapak,  Lazzada,  Shopee  dan  Instagram. Jumlah UMKM yang terlibat adalah 20 UMKM makanan dan minuman di kota Pangkalpinang. Sebelum dan sesudah pelatihan diberikan kuesioner tentang berapa rata-rata banyak produk yang berhasil terjual serta berapa besar rata-rata laba yang didapatkan per bulan. Dari hasil survey yang telah dilakukan maka didapatkan hasil peningkatan laba UMKM yang telah mengikuti program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan yaitu rata-rata sebesar 50,18%. Survey dilaksanakan sebelum pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan yaitu pada bulan Juli 2019 dan setelah pengabdian kepada masyarakat yaitu pada bulan Oktober 2019.
Kata Kunci : Innovative Digital Learning, UMKM, Workshop

Article Details

How to Cite
SAPUTRO, Seno Hadi; HENGKI, Hengki; SETIAWAN, Yohanes. UPAYA PENINGKATAN PROMOSI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA PANGKALPINANG MEMANFAATKAN INNOVATIVE DIGITAL LEARNING. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 9-20, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/549>. Date accessed: 29 oct. 2020.
Section
Articles