Penggunaan Portal Informasi Sekolah Pada SMK Mandiri Pontianak

Main Article Content

Susanti Margaretha Kuway

Abstract

Cara penggunaan media informasi saat ini menjadi dua hal yang bersifat positif dan negatif. Ketika media informasi dipergunakan oleh penggunanya kearah yang positif akan memberikan nilai tambah bagi orang lain. Siswa Sekolah merupakan generasi milenial yang dipenuhi oleh pemikiran yang positif jika diberikan arah yang jelas. Web portal informasi dapat dimanfaatkan oleh SMK Mandiri sebagai kendaraan para Siswa dan atau Guru dalam kualitas pembelajaran. Web portal informasi juga dapat meningkatkan kualitas pelajar, dengan cara menjadikannya sebagai tempat penyalur bakat serta menjadi sarana informasi bagi pelajar dengan demikian SMK Mandiri Pontianak akan banyak dikenal oleh masyarakat tidak hanya dilingkungan sekolah namun juga diluar lingkungan sekolah. Dalam membuat web Portal informasi harus memperhatikan beberapa hal yaitu memilih nama domain, memilih spec server , memilih engine, pemilihan theme, sistem keamanan yang baik, konten dalam web dan foto dalam portal informasi harus memberikan informasi yang original. Lokasi kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah SMK Mandiri Pontianak yang terletak di Pontianak Timur dengan diikuti oleh 24 warga sekolah. Penyampaian materi akan dilakukan dengan interaktif. Tujuan PkM untuk membantu sekolah dalam mempromosikan sekolah sehingga tahun berikutnya penerimaan siswa baru semakin bertambah, manfaat ini juga diharapkan dapat dirasakan oleh masyarakat agar kebutuhan ketersediaan tenaga trampil dan siap kerja melalui pendidikan SMK semakin tersedia dan berkualitas. Peserta yang mengikuti kegiatan PkM dapat membuat sebuah web portal informasi yang dapat membagikan informasi kegiatan sekolah kepada pengguna portal informasi sekolah.
Kata kunci: portal informasi, website, sekolah.

Article Details

How to Cite
KUWAY, Susanti Margaretha. Penggunaan Portal Informasi Sekolah Pada SMK Mandiri Pontianak. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 414-422, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/529>. Date accessed: 07 july 2020.
Section
Articles