Foto Produk Untuk Meningkatkan Penjualan Online Anggota L3M (Lifelong Learning Mamas) Yogyakarta

Main Article Content

Mei Parwanto Kurniawan

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah angka pengguna internet di Indonesia pangsa pasar penjualan online juga semakin meningkat. Apalagi, pada saat ini terjadi pergeseran fungsi media sosial dan media komunikasi lewat perpesanan menjadi media untuk berpromosi. Keadaan ini dapat terlihat dengan semakin banyaknya orang-oarang bergabung dalam bisnis online dimana banyak menjual barang atau produk dan jasa dari berbagai macam kalangan, terutama saat ini banyak para ibu rumah tangga yang ikut berjualan melalui media online untuk mengisi waktu luangnya. Namun, keterbatasan modal dan pengetahuan membuat kualitas foto produk yang selama ini mereka hasilkan masih minim dan terkesan seadanya.
Pelatihan foto produk bagi bisnis online rumahan diharapkan menjadi solusi untuk untuk permasalahan ini. Objek pelatihan ini adalah komunitas Lifelong Learning Mamas (L3M) yang semua anggotanya memiliki bisnis online rumahan. Pelatihan ini dilakukan dengan mengadakan workshop fotografi hands-on dengan materi seperti pengenalan metode pemotretan objek, prinsip dan teknik untuk melakukan setting eksposure pada kamera yang akan dipakai, teknik pencahayaan (lighting), pemilihan properti yang tepat untuk meningkatkan nilai sebuah produk hingga trik memotret produk dengan kualitas profesional namun dengan perangkat seadanya seperti smartphone ataupun camera pocket. Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan kualitas foto produk mereka sehingga mampu menarik lebih banyak calon pembeli yang berimbas pada pengingkatan penghasilan para anggota L3M dalam menjalankan bisnis onlinenya.
 
Kata kunci: foto produk, L3M, bisnis online rumahan, workshop fotografi hands-on

Article Details

How to Cite
KURNIAWAN, Mei Parwanto. Foto Produk Untuk Meningkatkan Penjualan Online Anggota L3M (Lifelong Learning Mamas) Yogyakarta. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 392-397, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/526>. Date accessed: 18 feb. 2020.
Section
Articles