Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada SMK Pelayaran Samudera Indonesia - Medan

Main Article Content

Titim Eliawati

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang monoton di dalam kelas akan cepat memberikan rasa bosan kepada siswa/i. Kemampuan guru dalam mengelola kelas juga perlu ditingkatkan agar kualitas proses belajar dan pembelajaran semakin membaik. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, ditemukan adanya kebutuhan peningkatan kemampuan guru berinovasi dan berkreasi dalam menerapkan metode-metode pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa/i mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah metode pendidikan masyarakat dimana diadakan kegiatan pelatihan untuk guru dalam penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning. Prosedur kerja PKM ini terdiri dari empat tahap yaitu (1) pengenalan metode PBL kepada guru; (2) implementasi metode PBL; (3) evaluasi pembelajaran; (4) diskusi hasil evaluasi penerapan metode PBL. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Samudera Indonesia – Medan. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, salah satu kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa guru lebih membuka diri untuk pengembangan kompetensinya di bidang pengajaran dengan belajar menggunakan berbagai metode pembelajaran.
 
Kata kunci: metode pembelajaran, Problem Based Learning

Article Details

How to Cite
ELIAWATI, Titim. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada SMK Pelayaran Samudera Indonesia - Medan. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 280-287, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/478>. Date accessed: 09 aug. 2020.
Section
Articles