Pemanfaatan Website untuk Penerimaan Peserta Didik Baru pada SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Main Article Content

Nur Fedri Kusuma Akhmad Dahlan

Abstract

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada instansi pendidikan sekolah merupakan rutinitas tahunan yang menjadi tahap awal pengelolaan sebuah sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan sekolah menegah atas swasta terbesar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. SiswaSMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dikenal berprestasi dalam berbagai bidang lomba,baik bidang Akademik atau intrakurikuler maupun Non Akademik atau ekstrakurikuler.Dengan rangkaian prestasi yang baik tersebut, maka tidak heran banyak orang tua/ waliyang ingin mendaftarkan putra-putrinya ke sekolah ini melalui proses seleksipenerimaan siswa baru yang dilaksanakan setiap tahunnya.Dengan kondisi capaian yang baik tersebut, untuk meningkatkan layanan terhadap proses penerimaan peserta didik baru di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, maka perlu dibangun sebauh sistem infomari khusus untuk menanganinya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mempercepat proses penerimaan sekaligus juga untuk melakukan pengolahan data selanjutnya ketika proses pembelajaran sudah berlangsung.Metode pengabdian secara garis besar dilakukan dengan 2 cara yaitu pengembangan sistem, dan penggunaan atau pemanfaatanya.Dari hasil pengembangan dan pemanfaatan tersebut sistem tersebut, secara umum mampu meningkatkan kecepetan dalam menanggulangi proses pendataan dan pendaftaran siswa baru. Terlebih dengan adanya fitur prediksi hasil, sistem tersebut menjadi semacam pembanding ataupun cross check hasil.
 
Kata kunci:sistem informasi, web-site, PPDB, SMK 3 Muhammadiyah

Article Details

How to Cite
KUSUMA, Nur Fedri; DAHLAN, Akhmad. Pemanfaatan Website untuk Penerimaan Peserta Didik Baru pada SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 251-258, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/472>. Date accessed: 18 feb. 2020.
Section
Articles