Teknik Penguasaan Microsfot Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 pada SD Muhammadiyah IDI Tello Baru Makassar

Main Article Content

Salmiati Salmiati Herlinda Herlinda Husain Husain

Abstract

Tujuang pelaksanaan kegiatan Pengabdian masyarkat ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana pemanfaatan teknologi informasi khususnya pada penggunaan Microsoft Office Excel dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru SD Muhammadiyah IDI Tello Baru Makassar.Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dengan metode pelatihan dan pengajaran yang dilakukan pada beberapa tahap yakni, tahap Survei lokasi, tahap observasi, kemudian lanjut dengan tahap persiapan dan pemantapan dan terakhir adalah tahap Pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pengajaran.Pada pelatihan dan pengajaran dilakukan dengan teknik ceramah, demostrasi dan praktikum langsung. Materi yang diberikan adalah teknik penguasaan Microsoft Excel sebagai pengolah angka untuk menangani lembar absensi dan lembar nilai yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.Kegiatan pengabdian masyarakat ini, menunjukkan hasil bahwa terlihat jelas kepuasan para guru dari SD Muhammadiya IDI Tello baru dalam bekerja dengan Microsoft Excel dalammelakukan tugasnya.Dengan adanya kegiatan ini, kinerja guru lebih meningkat dan mampu bersaing di Era Revolusi Industri 4.0.
Kata kunci:PengabdianMasyarakat, SD Muhammdiya IDI Tello Baru, Lembar kerja, Microsoft Excel, Era Revolusi Industri 4.0

Article Details

How to Cite
SALMIATI, Salmiati; HERLINDA, Herlinda; HUSAIN, Husain. Teknik Penguasaan Microsfot Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 pada SD Muhammadiyah IDI Tello Baru Makassar. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 244-250, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/470>. Date accessed: 24 feb. 2020.
Section
Articles