PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA GOWA

Main Article Content

Sitti Harlina Magfirah Magfirah Usman Usman Rakhmad Rakhmad

Abstract

Tujuan diadakannya Program Pengabdian Masyarakat ini adalah dalam rangka meningkatkan kinerja dan mendukung peningkatan profesionalisme guru  di SMP Negeri 2 Sungguminasa yang sebagian guru masih gagap dalam teknologi dan masih banyak guru yang belum secara maksimal mempergunakan pemanfaatan teknologi komputer terutama mereka yang sudah jadi guru sejak lama atau senior karena selama mereka kuliah, perkembangan dan kemajuan teknologi komputer belum berkembang seperti sekarang ini. Padahal semua guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi pada kenyataannya kemampuan mereka cenderung relatif standar hanya mampu  mengoperasikan Microsoft word saja.
Berdasarkan pemaparan ini, tim pengabdi kami memfokuskan pengabdian masyarakat pada pemanfaatan teknologi komputer untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 2 Sungguminasa-Gowa di Jl Andi Mallombassang No.2, yang berjumlah 20 orang dan bahan ajar kami berpedoman pada buku penuntun Pembekalan Kuliah kerja Lapangan Plus (KKLP) STMIK Dipanegara Makassar. Adapun metode pengajaran yang diberikan dalam bentuk ceramah dan  praktek. Program Pengabdian masyarakat ini diharapkan peningkatan kemampuan mengoperasikan Microsoft word, exel, dan power point. Para guru menjadi termotivasi untuk lebih mengunakan power point, sebagai media pembelajaran dan penghitungan dalam exel untuk mengevaluasi penilaian siswa baik ulangan harian, tugas, UTS atau UAS,
Kata Kunci: Teknologi komputer, Microsoft Office, Microsoft exell, Profesionalisme guru.

Article Details

How to Cite
HARLINA, Sitti et al. PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA GOWA. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 237-243, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/469>. Date accessed: 04 june 2020.
Section
Articles