PELATIHAN PENGENALAN TIPOGRAFI DALAM MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK ANAK BAGI SISWA SISWI SD NEGERI 17 PALEMBANG

Main Article Content

Yasermi Syahrul Arsia Rini Fatmariani Fatmariani

Abstract

Perkembangan psikomotorik merupakan perkembangan kepribadian manusia yang berhubungan dengan gerakan jasmaniah dan fungsi otot akibat adanya dorongan dari pemikiran, perasaan dan kemauan dari dalam diri seseorang. Ranah psikomotorik berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan bertindak setelah seseorang mendapatkan pengalaman belajar. Selama ini siswa siswi sekolah dasar pola pikir anak di usia Sekolah Dasar mengalami banyak perkembangan, bukan berarti pikiran dan jiwanya sudah stabil. Anak‐anak mengarahkan energinya untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan intelektual, namun masih dibarengi perasaan tidak kompeten dan tidak produktif. Tujuan dari pelatihan pengenalan tipografi adalah stimulasi untuk meningkatkan potensi psikomotorik dapat dilakukan diantaranya dengan cara diberikan dasar-dasar keterampilan untuk menulis, membaca dan mendesain di SD Negeri 17 Palembang. Metode pembelajaran yang akan dilakukan yaitu metode ceramah dan demontrasi. Hasil yang diharapkan dari pelatihan pengenalan tipografi meningkatkan pemahaman psikomotorik anak dalam kehidupannya sehari-hari dan membantu tumbuh kembang anak di SD Negeri 17 Palembang.
 
Kata kunci: Tipografi, Desain, Psikomotorik, Anak

Article Details

How to Cite
SYAHRUL, Yasermi; RINI, Arsia; FATMARIANI, Fatmariani. PELATIHAN PENGENALAN TIPOGRAFI DALAM MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK ANAK BAGI SISWA SISWI SD NEGERI 17 PALEMBANG. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 218-224, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/467>. Date accessed: 07 july 2020.
Section
Articles