Membangun Aplikasi Front-End Pelayanan Petugas Bank Sampah
Main Article Content
Abstract
Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari atau proses alam yang berbentuk padat atau berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang ke lingkungan. Kabupaten mempunyai Bank Sampah yang sudah berdiri sejak tahun 2012. Dalam pengelolaan sampahnya Bank Sampah Banyuwangi belum menggunakan cara yang manual, contohnya pelayanan pengambilan sampah ke masyarakat. Dalam proses mengambil sampah Petugas pengambil sampah tidak memperhatikan tingkat urgensi penumpukan sampah. Mereka mengambil sampah sesuai dengan jalur yang dilewati, sehingga jika terjadi penumpukan sampah di suatu tempat tidak akan terdeteksi. Hal ini menimbulkan masalah baru, karena tumpukan sampah yang berlebih akan mencemari lingkungan dan menyebabkan penyakit. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibangun aplikasi manajemen pengelolaan sampah. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan jadwal pengambilan sampah menjadi lebih terbit dan teratur. Mengambil sampah bukan didasarkan pada jalur terdekat, tetapi berdasakan urgensinya. Tahap awal pada pengabdian ini adalah pembuatan front-end untuk petugas pengambil sampah.
Kata kunci: Front-end, Pengelolaan Sampah, Sampah.
Kata kunci: Front-end, Pengelolaan Sampah, Sampah.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Issue
Section
Articles