Membangun Aplikasi Front-End Pelayanan Petugas Bank Sampah

Main Article Content

Sulaibatul Aslamiyah Yuniar Kusumas Sita

Abstract

Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari atau proses alam yang berbentuk padat atau berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang ke lingkungan. Kabupaten mempunyai Bank Sampah yang sudah berdiri sejak tahun 2012. Dalam pengelolaan sampahnya Bank Sampah Banyuwangi belum menggunakan cara yang manual, contohnya pelayanan pengambilan sampah ke masyarakat. Dalam proses mengambil sampah Petugas pengambil sampah tidak memperhatikan tingkat urgensi penumpukan sampah. Mereka mengambil sampah sesuai dengan jalur yang dilewati, sehingga jika terjadi penumpukan sampah di suatu tempat tidak akan terdeteksi. Hal ini menimbulkan masalah baru, karena tumpukan sampah yang berlebih akan mencemari lingkungan dan menyebabkan penyakit. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibangun aplikasi manajemen pengelolaan sampah. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan jadwal pengambilan sampah menjadi lebih terbit dan teratur. Mengambil sampah bukan didasarkan pada jalur terdekat, tetapi berdasakan urgensinya. Tahap awal pada pengabdian ini adalah pembuatan front-end untuk petugas pengambil sampah.
 
Kata kunci: Front-end, Pengelolaan Sampah, Sampah.

Article Details

How to Cite
ASLAMIYAH, Sulaibatul; SITA, Yuniar Kusumas. Membangun Aplikasi Front-End Pelayanan Petugas Bank Sampah. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 111-118, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/435>. Date accessed: 28 mar. 2020.
Section
Articles