PENERAPAN TEKNOLOGI OPEN JOURNAL SYSTEM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI JURNAL ILMIAH ELEKTRONIK BAGI PERGURUAN TINGGI NON IT DI TANGERANG

Main Article Content

Untung Rahardja Erick Febriyanto Indri Handayani Hesti Widya Ningsih

Abstract

Jurnal ilmiah adalah terbitan dalam bidang penelitian tertentu yang diterbitkan oleh suatu badan/instansi/organisasi tertentu. Biasanya jurnal digunakan untuk memuat hasil-hasil penelitian (penelitian kecil atau ringkasan penelitian), kajian pustaka dan bidang/subjek tertentu, yang dilakukan oleh badan instansi organisasi. Terdapat 2 permasalahan yang timbul terutama pada Perguruan Tinggi Non IT di Tangerang yaitu belum aqdanya wadah yang secara khusus yang dapat memudahkan peneliti untuk submit jurnal dari beberapa publisher. Yang kedua adalah belum adanya wadah bagi publisher yang sulit untuk melakukan digitalisasi atau penerbitan jurnal secara online. Berkaitan dengan masalah tersebut, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) memberikan solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan pemanfaatan software berbasis Open Journal System (OJS) sebagai sistem pengelolaan jurnal atau e-journal yang terpusat agar website tersebut bisa menjadi wadah bagi peneliti baik itu dosen maupun mahasiswa untuk dapat melakukan proses submit jurnal secara online. Tujuan pelaksanaan program ini adalah untuk pembuatan aplikasi yang berbasis Open Journal System, mendorong terciptanya wadah bagi peneliti baik itu dosen maupun mahasiswa, dan mendorong terciptanya digitalisasi jurnal bagi Perguruan Tinggi Non IT di Tangerang dalam menghadapi era disrupsi.
 
Kata kunci—Jurnal ilmiah, Perguruan Tinggi non-IT, OJS, E-Journal

Article Details

How to Cite
RAHARDJA, Untung et al. PENERAPAN TEKNOLOGI OPEN JOURNAL SYSTEM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI JURNAL ILMIAH ELEKTRONIK BAGI PERGURUAN TINGGI NON IT DI TANGERANG. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 75-84, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/431>. Date accessed: 29 oct. 2020.
Section
Articles