Klinik Pendampingan Bagi Perangkat Desa Dengan Tema Pelatihan Komputer Guna Menunjang Melek Informasi Teknologi Di Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi

Main Article Content

Solehatin Solehatin Mualifatul Rizma Mariam

Abstract

Sistem pelayanan di tingkat desa masih terdapat hambatan dalam proses pemberian pelayanan pada masyarakatnya. Hambatan yang ada seiring dengan pemanfaatan bidang IT adalah kurangnya pengetahuan dan terampilan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi khususnya pada pemanfaatan aplikasi komputer yang dapat mendukung pelayanan masyarakat. Hambatan yang kedua minimnya perangkat Desa yang melek IT dalam membantu pelayanan dengan layanan komputerisasi. Sedangkan dukungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam layanan IT dan pemberian free Wi-Fi pada desa dengan tujuan Desa ku melek IT. Berdasarkan dengan hambatan dan dukungan yang ada pada Kantor Desa Kedayunan dalam kebutuhan di dunia IT, maka gagasan untuk membantu terlaksanakannya program pemerintah Banyuwangi disini penulis akan melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Pengabdiannya berupa pemberian Pelatihan Aplikasi Paket Program MS Office dan pengarsipan serta pengolahan data yang terkomputerisasi (berupa e-mail) untuk Aparatur Pemerintahan (perangkat desa) Tujuan diselenggarakannya Pelatihan Aplikasi Paket Program Microsoft Office dan pembelajaran e-mail ini adalah keinginan untuk ikut serta mengimplementasikan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kemampuan aparatur negara, khususnya aparatur Pemerintahan Desa Kedayunan, Kecamatan Kabat, Kab Banyuwangi. Kegiatan ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam rangka menciptakan sosok birokrasi yang melek dengan dunia IT dalam bekerja melayani masyarakat umum yang membutuhkannya.
 
Kata kunci: Perangkat Desa, Pelatihan Office, Free Wi-Fi, Pelatihan E-mail.

Article Details

How to Cite
SOLEHATIN, Solehatin; MARIAM, Mualifatul Rizma. Klinik Pendampingan Bagi Perangkat Desa Dengan Tema Pelatihan Komputer Guna Menunjang Melek Informasi Teknologi Di Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 201-206, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/383>. Date accessed: 22 feb. 2020.
Section
Articles