PELATIHAN MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MIS KARAMA KAB. BULUKUMBA

Main Article Content

Aprizal Aprizal Mirfan Mirfan

Abstract

Pelatihan multimedia dengan pemanfaatan program aplikasi Ms-PowerPoint bertujuan untuk memberikan ketrampilan dalam pembuatan media pembelajaran multimedia yang menarik dengan cara yang relatif mudah. Dengan dikuasainya media pembelajaran multimedia oleh para guru MIS Karamadiharapkan akan pemicu minat murid untuk lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran, dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Metode Presentasi mengenai pengenalan software, kemanfaataannya, dan penerapannya dalam pembuatan media pembelajaran interaktif, Metode Demonstrasi mengenai pengoperasionalisasian program dan Metode Praktik yaitu pembuatan media pembelajaran secara langsung oleh peserta sesuai dengan mata  pelajaran masing-masing dengan pemanfaatan program Ms-PowerPoint.
Metode evaluasi dengan mengamati perbedaan kemampuan guru sebelum dan setelah pelatihan. Dari hasil yang  dicapai terlihat peningkatan kemampuan yang cukup signifikan dibanding dengan sebelum dilatih, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan peserta . Evaluasi hasil dilihat dari penilaian tugas praktik yang menggambarkan keberhasilan materi yang telah disajikan. Selain itu juga dicermati kinerja dan partisipasi para peserta. Di akhir kegiatan Tim menjaring data kebermaknaan program pada para peserta. Diharapkan agar program pelatihan ini terus diadakan karena sangat dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.   
Kata Kunci       : Pelatihan, Multimedia, Media Pembelajaran

Article Details

How to Cite
APRIZAL, Aprizal; MIRFAN, Mirfan. PELATIHAN MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MIS KARAMA KAB. BULUKUMBA. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 175-183, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/381>. Date accessed: 29 oct. 2020.
Section
Articles