Graphic Video and Social Media Training for Yogyakarta Special District Police Pelatihan Video Grafis dan Sosial Media Untuk Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY)

Main Article Content

Bernadhed Bernadhed

Abstract

Internet sudah merambah ke berbagai lini kehidupan, termasuk dalam bidang kepolisian. Dimana fenomena penggunaan internet dalam penyebaran informasi sangat berperanpenting disana. Hal ini juga dirasakan oleh pihak kepolisian khususnya dari Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan adanya sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram, mereka ditutuntut banyak permintaan masyarakat untuk menunjukkan pelayanan dan failitas dan kejadian dalam melayani masyarakat dan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Kepolisan Daerah DIY, dengan menggunakan media sosial sehingga mudah sekali diakses dan sangat mudah diterima karena berupa informasi video. Dalam pelatihan ini para peserta diajarkan pengenalan media social khususnya Instagram, dalam bagaimana persiapan menggunakan aplikasi tersebut, kiat-kiat posting yang tepat sebagai konten halaman Instagaram sehingga dapat menjadi branding dan sesuai harapan dan tepat sasaran dari konsumen yang diinginkan. Serta petunjuk teknis yang tepat sehingga mampu memaksimalkan penggunaan Instagram dengan baik. Peserta juga akan dibekali dengan editing video secara smartphone dengan aplikasi yang cukup memadai sebagai media edit untuk konten Instagram resmi Kepolisian Daerah, dengan memberikan pelatihan teknis seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Kine Master, Quick Pro dan Adobe Premiere berbasi mobile.. Materi-materi yang diberikan diharapkan mampu memberikan nilai lebih dari sebuah akun media social yang telah peserta gunakan sebelumnya. Lebih memaksimalkan penggunaan media social tersebut untuk Branding dan konten yang sesuai dan terkait.
 
Kata kunci: internet, instagram, video, media sosial, kepolisian, polda

Article Details

How to Cite
BERNADHED, Bernadhed. Graphic Video and Social Media Training for Yogyakarta Special District Police Pelatihan Video Grafis dan Sosial Media Untuk Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY). SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 169-174, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/380>. Date accessed: 31 may 2020.
Section
Articles