Digital Based Learning: Vlog Saluran Menuju Generasi Milenial Produktif
Main Article Content
Abstract
Lembaga pendidikan harus memiliki kemampuan untuk membekali para siswa dengan kecakapan-kecakapan yang memadai dalam menghadapi pendidikan di era digital. Peran pembelajaran berbasis digital sangat membantu para siswa dan guru untuk bisa lebih kreatif dan inovatif. Salah satu contoh pembelajaran berbasis digital adalah pemanfaatan vlog. Namun kenyataan yang sedang terjadi masih belum terlihat upaya pihak sekolah terutama SMK Keling Kumang dalam memanfaatkan vlog untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Tujuan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk seminar dengan metode ceramah adalah memberikan pemahaman kepada siswa dan guru untuk memanfaatkan vlog sebagai media pembelajaran yang inovatif. Dengan menambahkan vlog dalam sebuah materi pelajaran, diharapkan siswa dapat memahami materi pelajaran secara efektif. Kegiatan seminar ini telah berhasil menumbuhkan semangat dan keinginan dari pihak guru dan siswa untuk menghasilkan materi pelajaran berbasis digital yaitu vlog. Namun ada kendala yang dihadapi oleh siswa yaitu kurangnya pemahaman terhadap aplikasi untuk mengedit video yang merupakan salah satu dari kegiatan membangun vlog. Kedepannya perlu memberikan pelatihan secara teknis tahapan-tahapan membuat vlog termasuk pelatihan dalam menggunakan aplikasi editing video.
Kata kunci: vlog, digital, milenial, pembelajaran
Kata kunci: vlog, digital, milenial, pembelajaran