Pemasaran Digital dan Keterlibatan Generasi Digital

Main Article Content

Budi Susilo

Abstract

Pemasaran digital memang erat kaitannya dengan perkembangan teknologi terutama teknologi digital sehingga banyak disalahpahami bahwa pemasaran digital adalah suatu bentuk pemasaran produk atau layanan  yang memanfaatkan teknologi digital. Para pengguna teknologi masih dipandang sebagai konsumen semata. Padahal, pemasaran merupakan tentang hubungan orang dengan orang. Karena itu, memperbaiki kesalahpahaman melalui pengabdian kepada masyarakat tentang konsep pemasaran digital menjadi suatu yang penting untuk dilakukan. Seminar sebagai metode pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan penyajian secara deskriptif kualitatif mengenai peran keterlibatan generasi digital dalam pemasaran digital. Hasil dari pelaksanaan seminar yang dihadiri oleh 20 orang peserta, yang merupakan mahasiswa STIE Boedi Otomo, mendapat respon yang baik. Mereka antusias dalam memperhatikan pemaparan dan tanya jawab. Peserta yang hadir merupakan generasi digital natives sehingga mereka lebih cepat paham tentang pemaparan tentang cara menggunakan teknologi digital dan pengaruh perilaku digital natives dalam pemasaran digital. Akhirnya, para peserta mengerti bahwa pemasaran digital adalah memahami cara orang menggunakan teknologi dan memanfaatkan keterlibatan mereka secara efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat lanjutan masih perlu dilakukan berkaitan dengan pelatihan mengelola akun media sosial supaya menjadi media pemasaran yang efektif.
 
Kata kunci: pemasaran digital, pengabdian kepada masyarakat,seminar,  digital natives

Article Details

How to Cite
SUSILO, Budi. Pemasaran Digital dan Keterlibatan Generasi Digital. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 133-140, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/353>. Date accessed: 29 oct. 2020.
Section
Articles