Pelatihan Wirausaha dan Digital Marketing Bagi Perempuan Korban Kekerasan di Kota Singkawang

Main Article Content

Kartika Sulastri

Abstract

Kegiatan Seminar Wirausaha dan Pelatihan Digital Marketing dilakukan bertujuan untuk membangkitkan semangat berwirausaha dan memperluas pemasaran secara digital bagi perempuan korban kekerasan di wilayah kota Singkawang, Kalimantan Barat. Banyaknya perempuan yang akhirnya menjadi orang tua tunggal akibat kasus kekerasan, menyebabkan kehidupan keluarganya menderita. Perempuan-perempuan ini, yang dulunya hanya mengandalkan pendapatan dari suami, kini harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri dan anak-anaknya.  Diperlukan inisiatif untuk mengadakan pelatihan kewirausahaan agar para perempuan korban kekerasan ini mampu berkreasi menciptakan produk yang dapat menghasilkan uang, sehingga diharapkan mereka  menjadi pribadi yang mandiri secara finansial. Tidak hanya diperlukan kemampuan untuk menciptakan produk yang berdaya jual di masyarakat, namun diperlukan juga pelatihan teknik pemasaran secara digital agar jangkauan penjualan lebih luas. Peserta pelatihan berjumlah 39 orang. Pembahasan materi menggunakan cara seminar dan workshop. Seminar dan workshop ini menyajikan praktek langsung menghasilkan barang berupa tas dari plastik bekas dalam bentuk goodie bag, dan berhasil mendapat pesanan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Singkawang, sebanyak 100 unit goodie bag. Seminar dan workshop ini juga mendapatkan publikasi melalui internet dan peliputan di channel EdTV.
 
 
Kata kunci: Perempuan Korban Kekerasan, Wirausaha, Digital Marketing, Produk Dari Bahan Bekas, Singkawang

Article Details

How to Cite
SULASTRI, Kartika. Pelatihan Wirausaha dan Digital Marketing Bagi Perempuan Korban Kekerasan di Kota Singkawang. SNPMas : Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 125-132, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/351>. Date accessed: 01 june 2020.
Section
Articles