Implementasi Algoritma C4.5 Dalam Memprediksi Penjurusan Untuk Siswa SMK Negeri 1 Nanga Pinoh
Main Article Content
Abstract
Penentuan jurusan di SMK merupakan hal yang sangat penting, karena siswa akan dibekali pembelajaran sesuai dengan jurusan yang telah dipilih sehingga memiliki keterampilan sebagai bekal memasuki dunia kerja. Namun dalam prosesnya masih sering mengalami masalah antara lain, terkadang membuat bingung siswa dalam menentukan jurusan pada saat masuk SMK, minat dan bakat siswa terkadang belum terlihat sehingga siswa juga kesulitan dalam menentukan jurusan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Action Research, yang terdiri dari : melakukan diagnose (Diagnosing), membuat rencana Tindakan (Action Planning), melakukan tindakan (Action Taking), melakukan evaluasi (Evaluating), pembelajaran (Learning). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data siswa SMK kelas X untuk membangun decision tree dan data siswa SMK berprestasi kelas X untuk mengevaluasi kinerja dari sistem. Penelitian ini menggunakan algoritma C4.5 untuk mengolah data dalam pembentukan decision tree. Penentuan atribut yang digunakan sebagai masukan dan keluaran sistem dilakukan pada proses analisis data. Hasil dari perancangan Algoritma C4.5 ini memberikan hasil prediksi yang menentukan jurusan mana yang cocok bagi siswa SMK Negeri 1 Nanga Pinoh, berdasarkan beberapa aspek penilaian yaitu menampilkan informasi mengenai para pesrta didik yang mendaftar, menampilkan informasi dalam proses seleksi menggunakan nilai hasil ujian nasional. menampilkan informasi mengenai nilai Tes Penjurusan dan minat peserta didik.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles