Sistem Pakar Menganalisis Tingkat Stress Siswa SMA Menggunakan Metode Certainty Factor

Main Article Content

Cepi Rahmat Hidayat Evi Dewi Sri Mulyani Irma Agustina

Abstract

Sekolah menjadi salah satu instrumen penunjang dalam meningkatkan sumber daya manusia. Dalam lembaga formal setiap individu akan ditempa dengan proses pendidikan, mulai dari karakter, soft skill, maupun materi keilmuan. Pada masa transisi dari smp ke sma siswa dituntut untuk mampu beradaptasi pada lingkungannya maupun pada akademik proses belajar mengajarnya, tak jarang siswa memiliki masalah psikis dalamĀ  masa ini. Siswa yang merasa stres akan masa transisisinya, prestasi dan mempunyai masalah lainnya akan ditangani oleh guru BK. Guru BK menjadi media konsultasi secara responsif, yang mampu menampung siswa yang mempunyai masalah.
Dalam penelitian ini dirancang sebuah sistem pakar yang dapat mengoptimalkan proses menganalisis dan menentukan tingkat stres pada siswa sesuai dengan apa yang mereka rasakan dengan pengembangan sistem menggunakan metode SDLC dan perancangan database menggunakan ERD, serta diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan database dengan MySQL. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pakar ini adalah metode Certainty Factor yang memiliki tingkat akurasi baik untuk memudahkan konseler mengetahui tingkat stres pada siswa. Hasil yang dicapai dari sistem pakarini dapat membantu dalam proses menentukan tingkat stres pada siswa sma, penanganan atau solusi untuk siswa yang mengalami stres berdasarkan tingkatannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles