Sistem Deteksi Dan Pengaman Kebocoran Gas Pada Kompor Bebasis Sms Gateway

Main Article Content

Amirah Amirah Indo Intan Salman Salman Suci Ramadhani Arifin

Abstract

Salah satu jenis bahan bakar yang umum digunakan dalam rumah tangga adalah gas LPG (Liquified Petroleum Gas). Gas LPG merupakan bahan bakar alternatif berupa gas yang menghasilkan emisi polusi jauh lebih sedikit dibandingkan emisi dari yang dihasilkan oleh bahan bakar minyak. Oleh sebab itu pemerintah memberlakukan program konversi dari minyak tanah ke gas LPG. Gas LPG terkenal dengan sifatnya yang mudah terbakar sehingga kebocoran pada  peralatan beresiko sangat tinggi terhadap terjadinya ledakan dan kebakaran. Dikarenakan sifatnya yang sensitif, maka perlu adanya perhatian khusus terhadap pemakaian bahan bakar jenis ini terutama pemakaian pada  kompor gas .
Dalam penelitian ini peneliti merancang dan membuat suatu alat yang dapat menghentikan aliran gas disaat terdeteksi adanya kebocoran gas pada selang kompor gas dan pada saat yang bersamaan ada sebuah pesan notifikasi yang terkirim ke hp pemilik.  Sensor MQ-2 akan mendeteksi kebocoran gas sedangkan modul SIM900A akan mengirimkan pesan  yang dapat menyampaikan peringatan kebocoran gas serta Relay dan Solenoid Valvet akan  menghentikan aliran gas ke kompor gas secara otomatis.  Alat ini dirancang menggunakan Arduino Uno R3 yang terhubung ke smartphone.
Diharapkan dengan adanya alat ini dapat membantu masyarakat umum meminimalisir  terjadinya ledakan dan  kebakaran  khususnya Ibu Rumah Tangga (IRT) yang selalu bersentuhan langsung dengan Gas LPG tersebut. Hasil Uji coba alat ini diperoleh waktu respon dari solenoid untuk menghentikan aliran gas jika terjadi kebocoran adalah 1 detik dengan range nilai gas yg terdeteksi oleh sensor MQ-2 antara ( 250 sampai 4000) ppm.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles