Implementasi Metode K-Means Clustering Pada Aplikasi Analisis Loyalitas Pelanggan PT. PLN (Persero) ULP Maros Berbasis Progressive Web Apps

Main Article Content

Ardimansyah Ardimansyah Firdaus Firdaus Aditya Tul Iqram Annah Annah

Abstract

PT. PLN (Persero) ULP Maros memiliki lebih dari 50 ribu pelanggan pascabayar dan lebih dari 40 ribu pelanggan prabayar. Dengan jumlah pelanggan yang banyak tersebut, terkadang ada pelanggan yang kurang tertib dalam hal pembayaran listrik bulanan, terkhusus pelanggan pascabayar. Maka dari itu pengelompokan pelanggan perlu dilakukan untuk mengetahui pelanggan yang loyal dan tidak loyal dalam hal pembayaran listrik bulanan. Metode yang dapat digunakan pada penelitian ini untuk mengelompokkan pelanggan loyal dan yang menunggak yaitu metode K-Means Clustering, dimana metode ini merupakan salah satu metode data clustering non hierarchical yang berusaha mempartisi data yang ada ke dalam bentuk satu atau lebih cluster/kelompok. Metode tersebut menghasilkan cluster pelanggaan loyal dan cluster pelanggan menunggak yang dapat diimplementasikan pada aplikasi berbasis Progressive Web Apps yang akan memberikan pengalaman kepada pengguna layaknya menggunakan aplikasi native. Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut dapat membantu pihak PT. PLN (Persero) ULP Maros untuk mengetahui kelompok pelanggan yang loyal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles