Visualisasi Gedung Laboratorium Stmik Kharisma Berbasis Augmented Reality

Main Article Content

Irmawati - - Ahyuna - -

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu menampilkan visualisasi gedung A dari STMIK Kharisma berbasis Augmented Reality yang menarik dan interaktif.  Karena selama ini yang ada hanya sebatas untuk melihat gedung pada tampilan luar dan tidak menampilkan bagian dalam secara terinci. Adapun prosedur kerjanya yaitu Kamera mencari marker, kemudian marker yang dideteksi lalu diubah menjadi binary, kemudian marker terdeteksi oleh kamera. Kamera menemukan posisi marker 3D dan dikalkulasikan dengan kamera nyata. Kamera mengidentifikasi marker, apakah pola marker sesuai dengan templates memory. Dengan mentranformasikan posisi marker. Objek 3D di rendet di atas marker. Metode pengujian yang digunakan adalah metode blackbox dan aplikasi yang digunakan adalah 3Dmax 2012, ARToolkit, visual basic 6,0. Serta output dari sistem ini meliputi visualisasi gedung A serta ruangan yang ada didalamnya. Dengan adanya visualisasi gedung STMIK Kharisma yang nantinya akan diterapkan pada situs resmi STMIK Kharisma, maka pengguna dapat melihat tampilan bagian luar gedung dan bagian dalam gedung terkhusus gedung A disertai fasilitas interaktif bagi pengguna pengguna yang akan memberi tampilan visualisasi yang lebih. Dari hasil uji penelitian di atas mengenai desain visualisasi 3D gedung STMIK Kharisma, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan desain visualisasi ini memberikan alternatif lain untuk promosi perguruan tinggi STMIK Kharisma yang lebih interaktif dan menarik minat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Andriyadi, Anggi, “Augmented Reality With ARToolkit”, Augmented Reality Team, Bandar Lampung. 2011
[2] A.S, Rosa, M.Shalahuddin, ”Rekayasa perangkat lunak (terstruktur dan berorientasi objek)”, Modula,Bandung. 2011
[3] Pressman, Roger, “Rekayasa perangkat lunak”, Andi, Yogyakarta. 1997
[4] Simarmata,Janner,“Rekayasa perangkat lunak”, Andi, Yogyakarta. 2010
[5] Suhendar,A, Hariman Gunadi,”Visual modeling menggunakan uml dan rational rose”, Penerbit Informatika Bandung,Bandung. 2002
[6] Soma, Aria, Hari, “Dasar-Dasar Modeling dan Animasi dengan 3ds Max”, PT.Elxe Komputindo, Jakarta. 2007

[7] Murni,Sitti, Marini Pathibang, “Virtualisasi Interaktif 3D Gedung Menggunakan Script Virtual Reality Modelling Languange”, STMIK Kharisma, Makassar. 2012
[8] Praharsi, Yugowati, Juni, ”Visualisasi 3D (tiga dimensi) sebagai cognitive tool dalam pembelajaran sistem persamaan linier”.journal.volume 1,http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1305/1063, 30 Desember 2013. 2005