Desain Aplikasi Penerjemah Bahasa Aksara Lontara Berbasis Android

Main Article Content

Husain. T - - Herlinda - -

Abstract

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman bahasa daerahnya, salah satunya adalah bahasa Aksara Lontara yang ada di Sulawesi Selatan, Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi satu sama lain, untuk menerjemahkan bahasa terkadang seseorang menggunakan kamus dalam hal itu. Kamus merupakan salah satu buku yang digunakan manusia sebagai alat pembelajaran. Kamus juga dapat mengartikan dan menerjemahkan kata. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, informasi bahasa daerah mulai terkikis dengan perkembangan zaman. Untuk itu perlu dibuatkan aplikasi yang dapat menerjemahkan bahasa Aksara Lontara ke bahasa Indonesia dan Sebaliknya, hal ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengartikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Aji Supriyanto. (2011). Web dengan HTML & XML. Graha Ilmu.
[2] Adi Nugroho. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode
USDP. Andi. Yogyakarta.
[3] I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,M.T. (2014). Smart City Beserta Cloud Computing Dan Teknologi – Teknologi Pendukung. Penerbit Informatika Bandung.
[4] Mulyana, Eueung. 2012, App Inveentor : Ciptakan Sendiri Aplikasi Andoridmu. Andi, Yogyakarta.
[5] Pressman, R.S. (2010), Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York,
[6] Rosa A.S Dan M. Salahuddin (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Penerbit Informatika Bandung.
[7] Supriyanta, Pudji Widodo dan Bekti Maryuni Susanto (2014). Aplikasi konversi suara ke teks berbasis android menggunakan google speech api.Bandung
[8] Syarifuddin Kulle, 2012, Aksara Lontara Makassar, Andi Offset, Yogyakarta