Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek Rumah Kontrakan Menggunakan Algoritma Dijstra Berbasis Web

Main Article Content

Cucut - Susanto Mudarsep - - Joseph - Tumiwa

Abstract

Banyaknya rumah kontrakan dan terbatasnya informasi tentang l, lokasi rumah kontrakan di kota Makassar menyebabkan masyarakat bingung menentukan pilihan saat hendak mencari lokasi rumah kontrakan. Kesulitan akan semakin terasa ketika kebutuhan tersebut bersifat mendesak. Hal ini disebabkan karena terbatasnya informasi tentang lokasi jarak dan jalur antara rumah kontrakan ke lokasi tempat kerja atau kampus, terbatasnya informasi tentang jarak dan jalur paling terdekat ke lokasi tempat kerja atau kampus dan terbatasnya informasi secara cepat tentang lokasi atau jalur terdekat pada tempat kerja atau kampus ketika kebutuhan tersebut mendesak. Pada penelitian ini akan dibuat sebuah aplikasi yang dapat menyediakan informasi tentang lokasi rumah kontrakan terdekat yang dapat diakses oleh pengguna yang menggunakan personal computer (PC) dan juga oleh pengguna yang menggunakan smartphone melalui browser. Algoritma yang digunakan untuk pencarian rute lokasi terdekat yaitu algoritma dijkstra yang merupakan salah satu algoritma  yang digunakan dalam pencarian dan penentuan rute dengan jarak terpendek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Alatas Husain. 2013. Responsive Web Design dengan PHP dan Boostrap. Yogyakarta : Loko Media.
[2] Al Fatta Hanif. 2010. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta. Andi.
[3] Dhana Rizky. 2011. Pengantar Ilmu Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.
[4] Elian Alqod. 2012. Jurnal Layanan Informasi Kereta Api Menggunakan GPS, Google Maps, dan Android. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
[5] Jogiyanto H M. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset.
[6] Kadir Abdul. 2013. Pengenalan Algoritma. Yogyakarta : Penerbit Andi.
[7] Kadir Abdul. 2014. Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
[8] Presman Roger R. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[9] Rosa A.S & Shalahuddin M. 2013. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Penerbit Modula.
[10] Setiawan Willy. 2010. Jurnal Pembahasan Pencarian Lintasan Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra dan A*. Bandung : Intitut Teknologi Bandung.
[11] Suhendar A & Gunadi Hariman. 2010. Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose. Jakarta: Informatika.
[12] Supriyanto Aji. 2013. Web dengan HTML & XML. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
[13] Ramah Putra Masykhara’.2012. Implementasi Algoritma DiJkstra Untuk Pencarian Lokasi Rumah Sakit Terdekat Di Kota Makassar.