Visualisasi Susunan Rangka Manusia Berbasis Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran IPA Pada SD Negeri Tamalanrea 2 Makassar

Main Article Content

Ahmad Sukarna Syahrir Michael - Oktavianus

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangatlah pesat ditandai dengan munculnya berbagai teknologi yang baru baik perangkat keras maupun perangkat lunak, khususnya pada bidang visual yaitu suatu aplikasi terbaru pada sistem komputer yang menggabungkan antara objek maya ke dalam sebuah lingkungan nyata dan menampilkannya dalam waktu nyata. Dengan banyaknya pengguna komputer yang tiap hari bertambah sehingga menjadi keharusan bagi  instansi/perusahaan menggunakan komputer dalam menyelesaikan berbagai tugasnya. Dalam penelitian ini dibutuhkan suatu model aplikasi yang dapat digunakan sebagai media informasi untuk membantu para guru dalam membuat pelajaran lebih menarik dengan bantuan visual khususnya pada pelajaran IPA SD yang terkesan sulit dan susah dipahami oleh sebagian siswa. Oleh sebab itu dibuatlah tulisan dengan judul Visualisasi Susunan Rangka Manusia Berbasis Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran IPA Pada SD Negeri Tamalanrea 2 Makassardengan bahasa pemrograman visual basic 6.0, Artoolkit 2.72, Corel Draw X6, 3DSMax 2009 dan black box sebagai bagian dari pengujian sistem, sehingga hasilnya dapat membantu untuk mendapatkan informasi tentang struktur rangka manusia secara cepat dan mendetail pada siswa tersebut.Kata kunci :Visualisasi, Augmented Reality, Struktur Rangka Manusiadan black box

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1]. Anggi Andriyadi, 2011. “Augmented Reality With ARToolkit”. Bandar Lampung : Augmented Reality Team.
[2]. A.Suhendar dan Hariman Gunadi, 2010. “Visual Modelling menggunakan UML dan Rational Rose”. Bandung : Informatika Bandung.
[3]. Benny A. Pribadi, 2011. “Komunikasi Visual”. Jakarta : PAU-PIPAI UT.
[4]. Heri Sulistyanto, 2010. “Ilmu Pengetahuan Alam”. Jakarta : Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.
[5]. Roger R. Presman, 2010. “Rekayasa Perangkat Lunak”. Jakarta : PT Andi Yogyakarta.
[6]. Valino James R, 2012. “Interactive Augmented Reality”. New York : University of Rochester.
[7]. Verdi Yasin, 2012. “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek”. Jakarta : Mitra Wacana Media.