Algoritma k-Nearest Neighbor Berbasis Backward Elimination Pada Client Telemarketing

Main Article Content

ST. Aminah Dinayati Ghani Nur Salman Mustikasari _

Abstract

Telemarketing yaitu memasarkan atau mensosialisasikan produk atau jasa melalui telepon. Menurut banyak  ahli pemasaran, penawaran melalui telemarketing cenderung mudah diterima, karena sifatnya memang secara personal langsung ke konsumen. Deposito berjangka adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Dengan adanya tenaga telemarketing yang menawarkan produk deposito berjangka maka diharapkan dapat meningkatkan efektifitas promosi sehingga meningkatkan jumlah nasabah yang membuka deposito berjangka. Penelitan ini bertujuan untuk memprediksi peningkatan nasabah deposito berjangka melalui jasa telemarketing dengan menggunakan  Algoritma k-Nearest Neighbor berbasis Backward Elimination. Hasil dari penelitian ini menunjukkan akurasi algoritma k-Nearest Neighbor pada k = 11 adalah 88,25 %, sedangkan akurasi algoritma k-Nearest Neigbour berbasis Backward Elimination pada k = 9 adalah 89,43 %. Penggunaan algoritma k-Nearest Neighbor berbasis Backward Elimination lebih meningkat 1,18%, sehingga penawaran melalui telemarketing dapat diterapkan untuk meningkatkan nasabah deposito berjangka.

Article Details

How to Cite
GHANI, ST. Aminah Dinayati; SALMAN, Nur; _, Mustikasari. Algoritma k-Nearest Neighbor Berbasis Backward Elimination Pada Client Telemarketing. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 141-150, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/610>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles