Implementasi Metode TOPSIS dan AHP Dalam Kontrol Marketing Untuk Optimasi Target Penjualan

Main Article Content

Suryani - Sunardi -

Abstract

Bisnis penjualan yang sangat banyak mengakibatkan persaingan marketing sangat ketat. Untuk optimalisasi pencapaian target penjualan, manajer marketing harus cermat dalam memonitoring staf marketing supaya target penjualan tercapai. Selain itu dibutuhkan Informasi mengenai penjualan produk/jasa yang ditawarkan perusahaan. Informasi tersebut digunakan untuk membantu tercapainya tujuan perusahaan yaitu meraih keuntungan yang kompetitif dan pembinaan kesetiaan konsumen terhadap perusahaan. Kontrol marketing menjadi sangat penting ketika persaingan antar perusahaan semakin ketat. Karena menjadi dasar dalam mencapai target penjualan kepada pelanggan. Sebagai alternatif memanajemen data penjualan tiap staf marketing dibuat aplikasi pengontrol marketing sebagai dasar mencaai target penjualan dengan metode TOPSIS dan AHP. TOPSIS merupakan salah satu metode pengambilan keputusan  multikriteria, Yaitu memperhatikan jarak ke solusi ideal postif maupun jarak ke solusi ideal negatif dengan mengambil hubungan kedekatan menuju solusi ideal. AHP(Analytical Hierarchy Process) digunakan juga pada penelitian ini untuk mengelompokkan kriteria solusi yang mungkin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Kotler. Marketing Insight from A-Z: 80 Konsep yang Harus dipahami Setiap Manajer, Terjemahan AniesLastiati. 2014.
[2] Maheshwarkar dan Sohani. Combined AHP-TOPSIS Based Approach for the Evaluation of Knowledge Sharing Capabilities of Supply Chain Partners. 2013.
[3] Nugroho. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorientasi Objek. 2013.
[4] Sri Mulyono. Teori Pengambilan Keputusan”, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta. 2012.
[5] Suhendar dan Hariman. Visual Modeling Menggunakan UML dan Rational Rose. 2012.