E-SERVICE MAKASSAR SMART CITY MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA

Main Article Content

Muh. Syahlan - Natsir Thabrani R - - Muhardi - -

Abstract

Sistem pelayanan publik yang baik merupakan tantangan yang harus dijawab oleh lembaga pemerintahan dalam menjalankan fungsinya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah sistem terintegrasi guna memudahkan masyarakat dan lembaga pemerintahan dalam melakukan pengaduan. Penelitian ini di laksanakan menggunakan 3 lembaga yang berbeda di kota Makassar yaitu Kantor PLN, Kantor PDAM serta Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan dengan mengimplementasikan algoritma Dijkstra untuk menangani pengiriman pengaduan secara langsung ke petugas lapangan terdekat yang terkait dengan jenis pengaduan yang masuk. Sistem layanan publik ini diuji menggunakan pengujian fungsional metode blackbox untuk aplikasi androidnya dan webserver stress tools untuk ketahanan web server. Sedangkan untuk pengujian manfaat menggunakan uji komparatif statistic (uji-t) dengan menggunakan hasil aplikasi sebagai variabel uji. Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa uji fungsional sistem didapatkan bahwakinerja sistem secara keseluruhan mampu menghasilkan output sistem yang diinginkan oleh user. Berdasarkan hasil pengujian dan analisa, sistem aplikasi layanan pengaduan yang dihasilkan dapatmemudahkan masyarakat untuk melaporkan permasalahan yang ditemukan dilapangan dan mempercepat penerimaan pengaduan kepada petugas serta merupakan prototipe pengembangan Makassar Smart City. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
[2] Ramadhani M. F. (2012). Pembangunan Aplikasi Informasi, Pengaduan, Kritik, Dan Saran Seputar Kota Cimahi Pada Platform Android, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1:1-9.
[3] Prasetya D. R., Domai T., & Mindarti L. I. (2012). Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2:1151-1158.
[4] Masya F., Elvina & Simanjuntak F. M. (2012). Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat Pada Divisi Humas Polri Berbasis Web. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
[5] Mambu O. E., Rindengan Y. D., & Karouw S. D. S. (2016). Pengembangan Aplikasi E-Report Layanan Masyarakat untuk Manado Smart City. ISSN: 2301-8364, 1:42-46.
[6] Jumardi A. & Solichin A. (2016). Prototipe Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Dan Web Service. Jurnal Telematika MKOM, 8:1-8
[7] Moleong L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
[8] Pressman R. S.(2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarat: Andi Offset.
[9] Wijaya I. W. G. S. & Susanto E. H. (2012). Penerapan Algoritma Dijkstra Untuk Menemukan Rute Terpendek Daerah Wisata di Kabupaten Banyuwangi Pada Location Based Service di Flatform Android. Skripsi. Teknik Informatika. STIKOM Banyuwangi.
[10] Nugroho A. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Yogyakarta: Andi Offset.
[11] Ariyanti R., Khairil, & Kanedi I. (2015). Pemanfaatan Google Map Api Pada Sistem Informasi Geografis Direktori Perguruan Tinggi Di Kota Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 11:119-129
[12] Sukerta A., Linawati, & Wirastuti D. (2015). Sistem Aplikasi Location Based Service Untuk Pengembangan Kota Cerdas. Jurnal Teknologi Elektro, 14:21-26
[13] Fitria & Triansyah A. (2013). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 5:611-621
[14] Alawiah E. T. (2017). Rancangan Aplikasi Smart City Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Studi Kasus Pemkot Bogor. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. Vol. 3 No.1