Implementasi Data Mining dengan Metode Fuzzy C-Means Untuk Menganalisa Minat Belajar Bahasa Pemrograman pada Mahasiswa STMIK Dipanegara Makassar

Main Article Content

Aprizal - - Hasriani - -

Abstract

Belajar bahasa pemrograman sangat penting khususnya mahasiswa IT, karena tanpa bahasa pemrograman kita tidak bisa membuat suatu program atau bahkan suatu aplikasi dan menjadi lulusan yang berkualitas, terutama para mahasiswa yang dimana sedang menempuh jenjang pendidikan akhir agar dapat diterima pada dunia kerja. Penulis merancang aplikasi yang dapat menganalisa faktor-faktor apa saja yang sangat mempengaruhi minat belajar dan menganalisa seberapa tinggi minat belajar mahasiswa STMIK Dipanegara Makassar terhadap bahasa pemrograman khususnya bahasa pemrograman java dengan menggunakan data mining untuk mengolah data angket minat belajar mahasiswa dan metode Fuzzy C-Means digunakan untuk menganalisa tingkat minat belajar bahasa pemrograman khususnya bahasa pemrograman java pada mahasiswa STMIK Dipanegara. Dengan adanya rancangan di atas diharapkan STMIK Dipanegara mengetahui faktor yang paling berpengaruh pada minat belajar mahasiswanya terhadap bahasa pemrograman khususnya bahasa pemrograman java sehingga dapat menentuka metode yang akan digunakan untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa terhadap bahasa pemrograman java sehingga dapat mencetak generasi yang berkualitas dan dapat bersaing di dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] A.S Rosa dan Salahuddin M, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.
[2] Adi Nugroho. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Andi. Yogyakarta
[3] Agrawal, G. L., & Gupta, H. (2013). Optimization of C4. 5 Decision Tree Algorithm for Data Mining Application. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, 3(3), 341-345.
[4] Arief M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.
[5] Kusrini, luthfi taufiq Emha, (2009), Algoritma Data Mining, Penerbit Andi, Yogyakarta.
[6] Munir, R. (2011). Algoritma & Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C. Bandung: Informatika.
[7] Myers Glen.Roger S.Pressman,2010 “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi” (Buku satu), Andi Offset, Yogyakarta.
[8] Purwanto, Yudhi, 2010, “Pemrograman Web Dengan PHP”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
[9] Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[10] Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
[11] Kusumadewi, Sri dan Purnomo Hari. 2010, “Aplikasi Logika Fuzzy”, Cetakan Pertama, Graham Ilmu, Yogyakarta