PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN DAN BUAH-BUAHAN PADA ANAK USIA DINI

Main Article Content

Ahyuna - Irmawati - Suryady Hozeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi yang dapat digunakan pada TK khususnya buat guru-guru yang mengajar anak-anak di sekolah, dimana aplikasi yang dibuat nantinya akan mempermudah seorang guru untuk menjelaskan serta membuat suasana belajar yang lebih interaktif, sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan belajar. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang ada pada taman kanak-kanak dan akan dijadikan bahan dasar dalam perancangan program aplikasi. Dan wawancara dilakukan dengan proses tanya jawab kepada kepala sekolah dan guru-guru yang ada pada TK Khalifah. Aplikasi yang dibuat, khusus digunakan buat guru-guru sehingga dapat mempermudah dalam proses pembelajaran dan pengenalan hewan dan buah-buahan pada anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Andriyadi Anggi, 2011. “Augmented Reality With ARToolkit”. Bandar Lampung : Augmented Reality Team.
[2] Anditya, dan DreamARCH animation 2008. “Desain 3D Minimalis” Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
[3] A.Suhendar dan Hariman Gunadi, 2002. “Visual Modelling menggunakan UML dan Rational Rose”. Bandung : Informatika Bandung.
[4] Djoko Adi Walujo, 2012. “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif”. Jakarta : Multimedia Visual Media.
[5] Hidayat Ade, 2009. “Berobat dengan Rempah-rempah dan Buah-buahan”. Jakarta : Qultummedia.