Implementasi Teknologi Telegram Bot Pada Perancangan E-Commerce Toko Anugrah Bangunan Polewali

Main Article Content

Husain. T - Herlinda -

Abstract

Toko Anugrah merupakan usaha yang bergerak dibidang penjualan alat dan bahan bangunan yang beralamat di Jl Manunggal Koppe, Polewali. Toko Anugrah Bangunan dalam proses penjualan dan pemasaran yang sedang berjalan saat ini masih menggunakan sistem manual yaitu dengan cara coustumer datang langsung ke toko untuk melihat produk yang akan dipesan. Pada penelitian ini, system e-commerce dibangun berbasis web mampu melihat pemasukan hari ini, menginput, menambah dan mengapus data pada data modul user yang dilakukan sesuai dengan data yang masukkan kedalam sistem dan ditampilkan, data juga dapat diubah sesuai dengan keinginan admin, dan dengan memanfaatkan teknologi BOT API (Aplication Programming Interface) pada Aplikasi Telegram yang memiliki keunggulan karena menggunakan metode Loong Polling dan Webhook yang dapat dan mengirim pesan otomatis secara cepat untuk mendukung dalam pemasaran produk pada penerapan toko online dengan metode pembayaran pada Electronic e-payment. Hasil yang didapatkan dari apliaksi online pada pemasaran dan penjualan produk, memudahkan masyarakat dalam pemanfaatan teknologi Telegram..

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Cokrojoyo Anggiat, dkk. (2017) Pembuatan Bot Telegram untuk mengambil informasi dan Jadwal Film menggunakan PHP.
[2] Hasanuddin (2016) Bot Telegram dari PHP.
[3] Himawan, Asep Saefullah, Sugeng Santoso. 2014. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (ECommerce) Pada CV Selaras Batik, Simposium Nasional RAPI XIII - 2014 FT UMS, Hal 67-73. STMIK Raharja.
[4] Ichwan, M., & Hakiky, F. (2011). Jurnal informatika, 2(2), 13–21.
[5] Muzzayanah, Darmawan A.Kisnu, Ibnu Ali. (2016) Rancanagan sistem E-PymentBerbasis Android.
[6] Natasya, L, Gunawan, dkk. (2017) Aplikasi Bot Telegram untuk media informasi Perkuliahan Program Studi Informatika-Sistem Informatika Bisnis Universitas Kristen Petra.
[7] Nova L. Febri. (2017) Rekayasa proses bisnis pada E-Commerce B2B-B2C Menggunakan Sistem Afiliasi.
[8] Seoroso Harinyanto, dkk. (2017) Penggunaan Bot Telegram Sebagai Announcement System pada Intansi Pendidikan
[9] Turban, E., Aronson, J. and Liang, T.-P. (2017) Decision Support System and Intelligent System.
[10] Wigand, R. T. (1997) “Electronic commerce: Defenition, Theory, and Context”, Information Society, 13(1), pp.1-16. doi: 10.1080/019722497129241.
[11] Yunira, Yusri K.Yusri, Olivya Meylanie. (2017) Sistem Informasi Pelaporan, Pemeliharaan Dan Perbaikan Fasilitas Menggunakan Application Programming Interface (API) Telegram.