Implementasi Aplikasi Kompresi Data dengan Metode Huffman Code

Main Article Content

sunardi - samsu Alam suci Rahma Dani R

Abstract

Dalam dunia komputer dan internet, kompresi atau pemampatan file digunakan dalam berbagai keperluan, misalnya untuk mem-backup data, tidak perlu melakukan penyalinan terhadap semua isi file aslinya. Dengan melakukan kompresi atau memampatkan (mengecilkan ukurannya) file tersebut terlebih dahulu maka kapasitas tempat penyimpanan yang diperlukan akan menjadi lebih kecil. Jika sewaktu-waktu data tersebut diperlukan, baru dikembalikan lagi ke file aslinya.Pada penelitian ini metode kompresi yang digunakan adalah metode Huffman Code. Huffman Code adalah teknik kompresi data yang prinsip dasarnya adalah memberikan pesan tertentu berupa simbol yang panjang bitnya ditentukan oleh frekuensi muncul dari simbol tersebut. Persentase hasil kompresi menggunakan metode ini antara 10% - 70% tergantung pada tipe file yang dikompresi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Andysah Putera Utama Siahaan, Implementasi Teknik Kompresi Teks Huffman, JURNAL INFORMATIKA, 2016.
[2] Erwin Widodo, Samsul Huda, Pemrograman Visual, Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
[3] Herry Sujaini ,Yessi Sharma, M., 2010,Compression using Huffman coding,IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security.10(2).131-141.
[4] Manjeet Kaur, “Lossless Text Data Compression Algorithm Using Modified Huffman Algorithm”, International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, india, July 2015
[5] M.VidyaSagar, J.S. Rose Victor. 2013 . “Modified Run Length Encoding Scheme for High Data Compression Rate”. Amrita Sai Institute of Science and Technology, Paritala.
[6] Sulistyanto, Hernawan,2006, Kompresi Data Lossless dengan Metode Lempel-Zip, Surakarta: Jurnal Teknik Elektro dan Komputer EMITOR, Bandung. Sutoyo, T. dkk, 2009, Teori Pengolahan Citra Digital, Penerbit A.
[7] Timotius, Triputra, 2010, Perbandingan Kompresi Data Dengan Algoritma Huffman Statik