Aplikasi Rekam Medis Berbasis Web (Studi Kasus Praktek Dr. M. Najib Djalaluddin)

Main Article Content

Asrul - Syam John S - Arie

Abstract

Informasi rekam medis seseorang merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pusat pelayanan kesehatan kepada pasiennya, oleh sebab itu informasi rekam medis ini harus selalu ada ketika dibutuhkan (realtime). Kerahasiaan informasi rekam medis juga sangat penting dikarenakan informasi ini menjelaskan hubungan yang khusus antara pasien dan dokter, yang wajib dilindungi dari pembocoran sesuai dengan kode etik kedokteran dan peraturan perundangan yang berlaku. Penulis mencoba mengadakan penelitian dengan membangun aplikasi Rekam Medis yang dapat melakukan pengolahan data dengan cepat dan realtime untuk proses pengolahan data dan pencarian data serta memudahkan dokter dan pasien untuk mengakses rekam medis dimana saja dan kapanpun dengan cara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Rekam Medis akan memudahkan pencarian data pasien dengan cepat dan tepat, adapun aplikasi ini dapat di akses melalui daring agar memudahkan pasien untuk mengambil medical record ketika pasien ingin di rujuk ke rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Ardianto, E., Komala, L. 2004, Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, SimbiosaRekatama Media, Bandung.
[2] Fathansyah, 2002, Basis Data, Elex Media Komputindo, Bandung.
[3] Jogiyanto H.M., 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.
[4] Kadir, A., 2009,From Zero to A Pro: Membuat Aplikasi Web Dengan PHP Dan Data Base MySQL, Yogyakarta.
[5] W. Pieters, E. Hubbers, B. Jacobs, 2004,Ries-internet voting in action. Technical report, Institute for Computing and Information Sciences, University of Nijmegen.
[6] Zaenal Arifin – A, 2007, 16 Aplikasi Php Gratis Untuk Pengembangan Situs Web, Andi Publisher, Yogyakarta
[7]http://w-afif-mufida-fk12.web.unair.ac.id/artikel_detail-68894-1%20Etika%20Kedokteran-Pengertian%20Dokter%20Dan%20Tugas%20Dokter.html, diakses pada tanggal 10 Februari 2018