Aplikasi Kalender Akademik Berbasis Android Pada STMIK Dipanegara Makassar

Main Article Content

Santi - - John S - Arie

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Makassar yang bergerak di bidang teknologi informatika. STMIK Dipanegara Makassar telah menerapkan penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan akademiknya. Namun, untuk jadwal kegiatan akademik tersebut belum berbasis Android sehingga masih sulit untuk mengetahui jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan untuk setiap tahun. Jadwal kegiatan akademik dibuat dengan menggunakan Microsoft Office dan ditempel pada dinding. Jadi, untuk mengetahui kapan suatu kegiatan akademik dilaksanakan, maka baik dosen atau pun mahasiswa harus datang langsung ke kampus. Hal ini tentunya tidak efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah aplikasi kalender akademik yang berbasis Android dengan menggunakan software Eclipse Indigo, bahasa pemrograman Java dan database MySQL serta metode pengujian sistem black box. Dengan adanya aplikasi ini, maka mahasiswa, dosen dan pegawai STMIK Dipanegara dapat mengakses jadwal kegiatan akademik tersebut dengan mudah dan kapan saja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] M. Gorky Sembiring. Mengungkap Rahasia Dan Tip Manjur Menjadi Guru Sejati. Yogyakarta: Best Publiser. 2009: 140.
[2] Satya Satria. Kamus Istilah Komputer. Yogyakarta: Wahana Totalita Publisher. 2010: 8.
[3] Teguh Arifianto. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: Andi Offset. 2011: 1.
[4] Nazruddin Safaat H. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika. 2011: 20.
[5] Roger S. Pressman. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi Offset. 2010: 551.
[6] Adi Nugroho. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP (Unified Software Development Process). Yogyakarta: Andi Offset. 2010.