Perancangan Model Sistem Pencegah Hubung Pendek Listrik Ketika Terjadi Banjir Menggunakan Sensor Elektroda

Main Article Content

Matius Irsan Kasau Irsal -

Abstract

Dalam penelitian ini akan dirancang suatu model sistem yang dapat mencegah korsleting listrik saat banjir di dalam rumah. Untuk mendeteksi ketinggian air yang telah masuk ke dalam rumah digunakan sensor elektroda yang dapat memberikan informasi tentang ketinggian air di beberapa posisi. Di sini hanya digunakan dua  elektroda sensor di mana posisi pertama yang lebih rendah digunakan untuk mengingatkan penghuni rumah dalam bentuk alarm. Ketika ketinggian air terus naik dan mencapai posisi kedua atau lebih tinggi, sensor akan mengirim sinyal ke Mikrokontroler untuk memutus pasokan listrik ke rumah. Sebagai aktuator untuk memutus aliran listrik akan digunakan relai elektromagnetik dan sebagai peringatan untuk menggunakan alarm yang dikendalikan oleh mikrokontroler. Dari fungsi alat tes diperoleh hasil di mana elektroda sensor dapat mendeteksi ketinggian air secara akurat ke posisi 1 (rendah) dan posisi 2 (tinggi) serta bel berbunyi ketika tingkat air mencapai posisi 1

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Afrie S. 2011. “Aplikasi Mikrokontroler ATMEGA8535 & ATMEGA16 Menggunakan Bascom – AVR”. Yogjakarta: Penerbit Andi
[2] Ardi Winoto, 2010, “Mikrokontroler AVR ATMEGA8/16/32/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C Pada AVR”, Informatika, Bandung
[3] Ary, Heryanto, M. Wisnu, Adi, P. 2008. Pemrograman Bahasa C untuk Mikrokontroler ATMEGA32 Yogyakarta: Andi Offset.
[4] Aswadi Novrian, “Alat Pengukur Tinggi Muka Air Sungai Berbasis Mikrokontroler”, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
[5] Fu, K.s., Gonzales, R.c., Lee, C.S.G. 2005. Robotics: Control, Sensing, Vision and Intelegencia. Singapura: McGraw-Hill Book Company..
[6] Hari Sasongko, Bagus, 2012, “Pemrograman Mikrokontroler dengan Bahasa C”, CV.ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[7] Rafqie Magusti, Suwito, Mochammad Rivai “Sensor Kapasitif untuk Mengukur Ketinggian Permukaan Air Laut Menggunakan Mikrokontroler”, Jurusan Teknik Elektro FTI-ITS.
[8] Sudjadi. 2005. Teori dan Aplikasi Mikrokontroler : Aplikasi pada Mikrokontroler ATMega 8535. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[9] Widodo Budiharto, 2005, ”Perancangan Sistem dan Aplikasi Mikrokontroler”, PT. Gramedia, Jakarta.