Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan

Main Article Content

Hasyrif - - Rismayani - - Novita Sambo Layuk

Abstract

Penjualan merupakan salah satu bidang bisnis yang banyak digeluti masyarakat, bahkan bisnis penjualan produk akhir akhir ini meningkat pesat dengan terjadinya peningkatan teknologi komunikasi khususnya terkait sosial media, aspek yang penting dalam penjualan salah satunya adalah terkait histori transaksi penjualan, semakin besar skala penjualan semakin banyak pula transaksi yang terjadi. Record transaksi penjualan yang besar selain bisa digunakan untuk menghitung untung rugi, data ini juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Perancangan aplikasi dibuat dengan menggunakan model waterfall, dalam tahap ini dibagi menjadi enam tahapan yaitu system engineering, design, code, testing dan maintenance. Tulisan ini dibuat dengan tujuan memberikan gambaran tentang penggunaan algoritma apriori untuk analisa transaksi penjualan khususnya terkait dengan kecenderungan dibelinya suatu barang terhadap barang lain.Output penelitian berupa aplikasi data mining menggunakan algoritma apriori dalam penentuan itemset dan aturan asosiasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

[2] Jogiyanto. 2008. Analisis Dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis

[3] Ranjan, J., 2007, Application of Data Mining Technique in Pharmaceutical Industry, Journal
of Theoritical and Applied Information Technology, Vol 3, hal 61 – 67.

[4] Kusrini, 2007, Penerapan Algoritma Apriori pada Data Mining untuk Mengelompokkan
Barang Berdasarkan Kecenderungan Kemunculan Bersama dalam Satu Transaksi,
http://dosen.amikom.ac.id/.../Publikasi%20Apriori-Kusrini_Feb-13_.pdf, diakses 20 Juli
2011.