Prototipe Kendali Suhu Kandang Bibit Ayam Potong Menggunakan Arduino Berbasis Android

Main Article Content

Husain. T - Herlinda -

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memicu perkembangan pemikiran manusia untuk dapat menciptakan inovasi-inovasi untuk memudahkan pekerjaan demi kinerja yang lebih baik. Dengan adanya system operasi android pada smartphone yang memiliki system operasi yang mudah dioperasikan, fleksibel, dan tidak terbatas untuk membangun aplikasi sendiri, menyebabkan menjamurnya aplikasi buatan pengguna itu sendiri. Seiring berkembangnya teknologi, tidak sedikit memunculkan inovasi-inovasi pada perkembangan mikrokontroler. Sebagaicontohadalahprodukdariarduinonano. Pada umumnya digunakan untuk mengontrol sebuah sensor dan peralatan elektronik lainnya. Selain mikrokontroler, smartphone android juga dapat digunakan dalam pengontrolan alat untuk kepentingan produktifitas dengan memanfaatkan fasilitas Bluetooth dan lain-lain bawaan dari smartphone tersebut. Selain smartphone, Bluetooth juga dapat berperan dalam pengontrolan alat produktifitas khususnya pengontrolan suhu pada kandang bibit ayam potong, yang membutuhkan waktu untuk mematikannya dan apabila pemilik peternakan terkendala dalam melihat keadaan suhu kandang, maka pemilik peternakan akan kesusahan dalam memantau kondisi suhu ruangan kandang. Untuk mengatasi masalah tersebuat dibuatlah alat berupa system kendali suhu kandang bibit ayam potong menggunakan smartphone android dengan hasil pengujian alat dapat memonitoring suhu kandang serta dapat mengendalikan keadaan suhu pada kandang bibit ayam potong.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Andrianto, Heri. 2013. “Pemrograman Mikrokontroler AVR ATmega16 Menggunakan Bahasa C”. Bandung : Informatika.
[2] Arif Budi Laksono. 2017. Rancang Bangun Sistem Pemberi Pakan Ayam Serta Monitoring Suhu dan Kelembaban Kandang Berbasis Atmega328 .Lamongan: Jurnal Teknik Elektro.Vol 2 No 2 , Sept 2017.
[3] Bishop Owen, 2005; “Dasar dasar Elektronika”, Edisi Pertama, Penerbit erlangga, Jakarta
[4] Budiharto, Widodo. 2008. “Panduan Praktikum Mikrokontroler AVR ATmega16”. Jakarta : PT Elex MediaKomputindo.
[5] Eko, 2011. “Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55 Teori dan Aplikasi”.
Yogyakarta: Gava Media.
[6] Franky Chandra & Deni Arifianto. 2011. “Jago Elektronika Rangkaian Sistem Otomatis”. Jakarta: Kawan Pustaka.
[7] Rio Kresmas Sebayang, Osea Zebua dan Noer Soedjarwanto.2014.Perancangan Sistem Pengaturan Suhu Kandang Ayam Berbasis Mikrokontroler.Lampung : Jurnal Teknik Elektro. Vol. 14,No.4:49-61.
[8] Syafi’I Hazami,Soewarto Hardienata dan M.Iqbal Suriansyah. 2017. Model Pengatur Suhu Dan Kelembaban Kandang Ayam Broiler Menggunakan Mikrokontroler ATMega328 Dan Sensor DHT11.Vol.19,No.7:98-13.
[9] Yudhosetyo. 2011. “Mikrokontroller”. Yogyakarta: Graha Ilmu.