Rancang Bangun Aplikasi Kecerdasan Majemuk Anak Dengan Metode Indikator The Roger

Main Article Content

Sadly Syamsuddin Rudy Donny Liklikwatil salmiati -

Abstract

Metode yang diterapkan SD Inpres Tamalanrea 2 dalam mengembangkan kecerdasan peserta didik berbede-beda tergantung kondisi dan situasi kejiawaan anak, tingkatan belajarnya, serta berbagai faktor pertimbangan lain. Namun karena belum adanya sebuah sistem berbasis teknologi informasi yang dapat digunakan oleh SD Inpres Tamalanrea 2 dalam mengukur arah kecerdasan majemuk anak menyebabkan guru dan orang tua sendiri terkadang sulit untuk mengetahui kecerdasaran majemuk anak tersebut. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian dengan judul Rancang Bangun Aplikasi Kecerdasan Majemuk Anak dengan Metode Indikator The Roger. Dimana metode yang digunakan dalam aplikasi penilaian kecerdasan majemuk anak ini adalah penilaian berdasarkan Indikator The Roger.  Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan alat perancangan UML, bahasa pemrograman berbasis web (php, html, css, javascript), dan MySql sebagai aplikasi databasenya. Dengan menggunakan indikator the roger pada aplikasi penilain tingkat kecerdasan majemuk anak  maka hasil dari penilain menginformasikan mengenai arah kecerdasan masjemuk dari anak yang diuji dengan baik seperti yang dipaparkan pada bab implementasi. Dimana dari seorang anak yang diuji dari SD Inpres Tamalanrea 2 memiliki arah kecerdasarn majemuk yang condong memiliki tingkat kecerdasarn yang lebih tinggi di bidang Naturalistik dan Linguistik.

Article Details

How to Cite
SYAMSUDDIN, Sadly; LIKLIKWATIL, Rudy Donny; -, salmiati. Rancang Bangun Aplikasi Kecerdasan Majemuk Anak Dengan Metode Indikator The Roger. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/208-221>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles

References

[1] Baharudin Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran , Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007
[2] Gardner H. Multiple Intelligences: The theory in practice. New Yoek: Basic Book, 2003, h. 235-66.
[3] Howard Gardner, “Multiple Intelligences Brilliant Mind, Generasi Cerdas & Baik”, dalam. http://cerdas baik.webs.com/
[4] Mundiri, A. (2014). Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Islam Berbasis Spirit Integralistik. At-Turas, 1(1), 23–51.
[5] Mundiri, A., & Zahra, I. (2017). Implementasi Metode Stifin Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Stifin Paiton Probolinggo. Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 201–223. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.201-223